Cara Membuat Aplikasi Android dan Syarat Awal Belajar Pemrograman Android - Sinauo.Com

Cara Membuat Aplikasi Android dan Syarat Awal Belajar Pemrograman Android



Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat semua menjadi serba instan dan sekarang ini banyak orang yang tidak bisa jauh dari yang namanya smartphone.
Banyaknya aplikasi yang memudahkan manusia dalam melakukan berbagai hal aktifikas sehingga inilah yang menjadikan manusia tidak bisa jauh dari yang namanya smartphone. Jutaan aplikasi telah terbuat dan ada di dalam internetyang dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Salah satu aplikasi yang paleing populer adalah aplikasi yang berjalan di sistem operasi smartphone android.

Banyaknya aplikasi yang berkembang pesat khususnya aplikasi yang ada di smartphone android sehingga membuat beberapa orang penasaran bagaimana sih membuat aplikasi tersebut ? dan apa saja syarat-syarat dalam pembuatan aplikasi tersebut android tersebut ? Nah kali ini admin akan membahasnya tentang aplikasi bagaimana cara membuat aplikasi android dan apa saja syarat dalam membuat aplikasi berbasis Andorid.

Sebelumnya kalian harus memahami yang namanya pemrograman. Apa sih pemrograman itu ? Pemrograman adalah Proses suatu kegiatan menulis, menguji beberapa kode untuk membangun sebuah sistem aplikasi atau program. Nah disini kalian wajib belajar bahasa pemrograman jika ingin membuat sebuah aplikasi android .

Pemrograman android merupakan materi yang seing di cari banyak orang saat ini untuk mengmbangkan aplikasi berbasis mobile. Banyak blog yang saat ini memberikan beberapa tutorial tentang pemrograman android dan juga sudah banyak buku yang menjual yang isinya tentang tutorial bahasa pemrograman Android. Dan bukunya pun banyak terjual laris di pasaran.

Syarat Awal Belajar Pemrograman Android Yang Pertama Belajar Bahasa Pemrograman

Belajar Bahasa Pemrograman Java

Bahasa pemrograman java wajib anda ketahui jika anda ingin belajar membuat aplikasi berbasis Andorid. Karena Bahasa Pemrograman Java sering digunakan untuk mendevelopment aplikasi android secara native. Sebelum anda membuat aplikasi andorid anda wajib menguasai atau setidaknya anda paham dasar bahasa pemrograman java ini agar anda tidak mengalami kesulitan saat menemui konsep-konsep seperti Class, Package, access modifier (public/privat). Dan beberapa konsep lainnya. Java ini berkonsep Pemrograman Berorientasi Object (OOP).

Belajar Bahasa XML

XML merupakan bahasa markup yang sering dipakai di webservice, Konfigurasi, Layout dan berbagai keperluan lainnya di dunia pemrograman. Belajar bahasa XML itu sebenarbnya mudah. Anda hanya perlu memahami aturan dan penulisannya. XML mempunyai beberapa aturan dasar yang harus anda pahami dan bagaiamana cara menulis dan membaca bahasa XML. Bahasa XML sering di gunakan untuk desain tampilan dalam aplikasi android.

Daftar Tools Pengembang Aplikasi Android

IDE Android Studio

Android Studio merupakan official IDE untuk Android Development. Karena di website resmi Android Developer menyarankan unruk menggunakan IDE Android Studio untuk mengembangkan atau membangung aplikasi Android. Di dalam IDE Android Studio sudah banyak library yang dikembangkan dan juga banyak yang menggunakanannya seperti gradle, Jadi jika anda ingin memakai librarynya anda tinggal tambahkan url gradelnya.

Untuk menggunakan aplikasi IDE Android Studio ini spek komputer atau laptop anda sepsifikasinya harus sudah lumayan tinggi minimal RAM 4 GB (Recomended 8 GB) dan prosesor minimal Core i3 dan hardisk Min 20 GB free.

IDE Eclipse

Eclipse merupakan IDE yang sering dipakai untuk belajar pemrograman android khususnya para pemula disarankan untuk menggunakan IDE Aplikasi Eclipse ini agar tidak mengalami kesulitan. Karena IDE eclipse ini mudah untuk dipahami interface toolnya.

Memehami Arsitektur Android

Anda diwajibkan untuk mengenali lebih jauh apa itu android, Anda bisa mengunjungi website resminya yang banyak sekali materi training hingga materi design aplikasi Andoroid. Kalian dituntut untuk mengerti dalam pembuatan aplikasi android itu ada aturannya. Mulai dari pembuatan layout tampilan UI komponen apa aja yang digunakan untuk membatnya dan kapan waktu yang tepat untuk membuat tab layout navigation drawer.

Membaca Banyak Tutorial Tentang Android dan Ikut Course dan Ikut Group Pemrograman Android di Sosmed

Silahkan anda cari tutorial-tutorial yang mebahas tentang bahasa pemrograman android di Internet sudah banyak yang menyediakannya. Cari Blog yang mengupas tuntas tentang bahasa pemrograman android. Selain di internet anda juga bisa mencari buku yang membahas tentang Pembuatan aplikasi Android. Ikuti kursus yang di selenggarakan seseorang maupun comunitas yang membuka dan membahas tentang bahasa pemrograman android. Gunakan sosial media anda untuk bergabung kedalam group-group comunitas yang membahas tentang pemrograman Android.

Kesimpulan

1.    Dalam membuat aplikasi Android Anda perlu menguasai bahasa pemrgraman Java untuk pengembangan aplikasi native dan Bahasa XML untuk design tampilan aplikasi Android
2.    Gunakan IDE Andorid Studio dan IDE Eclipse untuk para pemula
3.    Cari tutorial secara on-line maupun offline dan gabung kedalam comnunitas pemrograman Android.

Pesan saya jika anda serius dalam belajar bahasa pemrgroman jangan dibiasakan asal copy paste di internet pahami dulu kodenya dan juga tulis ulang kodenya sehingga anda akan terbiasa dalam memahami dan lebih mudah dalam melakukan coding lebih cepat.

1 comment

  1. terimakasih kak, artikelnya sangat membantu kak, semoga bermanfaat untuk orang banyak

    ReplyDelete