Penggunaan Logika Switch Case Pada PHP


Cara Menggunakan Logika Switch Case Pada PHP - Pada kali ini kita akan membahas tentang switch case sebuah fungsi yang ada pada PHP. Switch Class sendiri digunakan untuk memeriksa kebenaran sebuah nilai / data dengan melalui pengecekan. Switch class ini hampir sama dengan logika IF else .

Berikut struktur penulisan switch case :

<?php
switch ($variabel) 
{
case value1:
   statement1;
   break;
case value2:
   statement2;
   break;
default:
   statementdefault;
}
?>

Bisa kita lihat pada struktur penulisan switch case diatas setelah kata kunci switch, wajib mencantumkan variable yang diperiksa nilainya, kemudian memulai block switch case dengan kurung kurawal. Setiap kondisi yang terjadi dicantumkan sesudah kata kunci case, Kemudian diikuti dengan nilai yang dibandingkan dengan nilai yang ada pada variable switch. Jika kondisinya sesuai maka statement akan ditampilkan lalu proses eksekusi case berhenti ke break dan jika nilai variable tidak terdapat atau tidak sesuai dengan semua case maka proses akan menuju ke default.

Perhatikan contoh penggunaan switch case dibawah ini

<?php
$nilai = 90;
switch ($nilai) {
 case 100:
  echo "Seratus";
  break;
 case 90:
  echo "Sembilan puluh";
  break;
 case 80:
  echo "Delapan puluh";
  break;
 default:
  echo "Nilai Tidak ditemukan";
  break;
}
?>

Maka hasilnya akan seperti dibawah ini :


Dalam kode di atas saya menggunakan variable nilai ($nilai) dengan value 90 kemudian di masukan dalam switch jika case menemukan nilai yang sama dengan variable nilai ($nilai) maka switch akan berhenti dan menampilkan statement,nya. Seperti pada contoh diatas $nilai = 90 kemudian dimasukan dalam case dan menemukan nilai yang sama pada case kedua ( case 90 ) maka switch case break ( berhenti ) dan misal dari beberapa case di atas tidak ada yang sama dengan $nilai maka akan ke default dan berhenti.


Perbedaan mendasar dari switch dan if adalah didalam switch logika akan diperiksa satu kali yaitu pada awal perintah switch, dan hasilnya akan dibandingkan dalam setiap case. Sedangkan dalam struktur IF, setiap kondisi selalu diperiksa.

0 Response to "Penggunaan Logika Switch Case Pada PHP"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel