Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membulatkan Angka Desimal dengan PHP

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara membulatkan angka pada bahasa pemrograman PHP. Apa itu pembulatan ? Pembulatan merupakan teknik menambah dan mengurangi suatu cacah bilangan desimal sampai mendapatkan nilai bulat yang mendekati sama. Membulatkan angka atau mengatur angka di belakang koma ini tentunya sangat berarti bagi sebuah web atau yang berhubungan dengan banyak angka.

Dalam bahasa pemrograman PHP ada tiga jenis fungsi yang digunakan untuk membulatkan sebuah bilangan atau angka diantaranya adalah :

1. round()

round() merupakan fungsi pembulatan yang dapat menghasilkan bilangan bulat paling dekat dari bilangan aslinya. Dalam fungsi round() jika terdapat angka 0.5 ke atas maka akan dibulatkan ke atas (misal 0.5 menjadi 1) dan jika bilangan tersebut 0.49 ke bawah maka akan dibulatkan kebawahnya (0.49 maka akan menjadi 0). Dengan menggunakan fungsi pembulatan round() kita dapat menentukan jumlah bilangan desimal atau presisi pada hasil pembulatan.  

Berikut merupakan contoh penulisan fungsi round() pada php.

<?php
echo round(0.5); // Hasilnya = 1
echo round(5.2); // Hasilnya = 5
echo round(8.6); // Hasilnya = 9
?>

Beberapa mode standar yang dapat kita gunakan dalam pembulatan dengan menggunakan round(). Berikut merupakan format penulisan fungsi round() 

round(bilangan, presisi, mode);
Dari tiga parameter diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:
  • bilangan -> angka yang akan dibulatkan.
  • presisi -> bagian ini merupakan bagian opsional yang berisi jumlah angka desimal dari bilangan hasil. Jika dikosongkan maka dianggap bernilai nol (0) atau tidak bernilai.
  • mode -> bagian ini juga opsional boleh di isi maupun dikosongkan dan merupakan nilai konstasn yang spesifik untuk mode round.
Contoh fungsi round yang menggunakan parameter presisi :
<?php
echo round(0.64621,1); // Hasilnya = 0.6
echo round(2.54621,2); // Hasilnya = 2.55
echo round(5.54621,3); // Hasilnya = 5.546
?>
Berikut ini beberapa mode yang dapat kita terapkan dengan fungsi round():

PHP_ROUND_HALF_UP , membulatkan angka desimal ke atas dan kebawah yang sesuai dengan nilai presisi desimal. Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika terdapat bilangan 0,5 ke atas maka akan dibulatkan menjadi 1. dan ini merupakan mode default fungsi round().
PHP_ROUND_HALF_DOWN, membulatkan angka desimal kebawah sesuai dengan nilai presisi desimal, contoh bilangan 1,5 dibulatkan menjadi 1.
PHP_ROUND_HALF_EVEN, membulatkan angka desimal ke angka genap yang terdekat. contoh bilangan 3,5 dibulatkan menjadi 4.
PHP_ROUND_HALF_ODD, membulatkan angka desimal ke angka ganjil yang terdekat. Contoh bilangan 3.5 dibulatkan menjadi 3.

Contoh fungsi round() yang menggunakan parameter presisi dan mode:
<?php
echo round(1.5,0,PHP_ROUND_HALF_UP); // Hasilnya = 2
echo round(1.4,0,PHP_ROUND_HALF_UP); // Hasilnya = 1
echo round(1.5,0,PHP_ROUND_HALF_DOWN) ; // Hasilnya = 1
echo round(2.5,0,PHP_ROUND_HALF_EVEN); // Hasilnya = 3
echo round(4.5,0,PHP_ROUND_HALF_ODD); // Hasilnya = 4
?>

2. floor()

fungsi floor() digunakan untuk membulatkan angka kebawah, yang artinya bilangan desimal akan dibulatkan ke dalam bilangan bulat terdekat yang ada dibawahnya contoh misal bilangan tersebut 1.8 maka akan dibulatkan menjadi bilangan 1. 

Berikut ini merupakan contoh penggunakan fungsi floor() pada PHP :
<?php
echo floor(1.6); // Hasilnya = 1
echo floor(2.3); // Hasilnya = 2
echo floor(3.8); // Hasilnya = 3
?>

3. ceil()

ceil() merupakan fungsi pembulatan angka ke bilangan terdekat yang ada di atasnya. Misal terdapat bilangan pecahan 1,2 maka bilangan tersebut akan dibulatkan menjadi 2.

Berikut ini merupakan contoh penggunaan fungsi ceil() pada PHP:
<?php
echo ceil(1.9); // Hasilnya = 2
echo ceil(2.1); // Hasilnya = 3
echo ceil(3.5); // Hasilnya = 4
?>

Kesimpulan.

Kita sudah mempelajari beberapa fungsi pada PHP yang digunakan untuk membulatkan suatu bilangan yang mempunyai koma atau pecahan ke bilangan desimal. Ada 3 fungsi untuk pembulatan suatu bilangan dengan menggunakan fungsi PHP diantaranya adalaha ceil(), floor() dan round().
Tentunya dari ketiga fungsi tersebut mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda tergantung kita saat membuat suatu program yang cocok digukana fungsi yang mana, tergantung kebutuhan dari sebuah aplikasi tersebut.

Post a Comment for "Cara Membulatkan Angka Desimal dengan PHP"