Mengenal Framework Codeigniter

Apa itu codeigniter ? Codeigniter atau sering disebut dengan CI merupakan Web Aplication Framework (WAF) yang dirancang untuk mempermudah para developer web dalam mengembangkan sebuah aplikasi berbasis web. Didalam Codeigniter terdapat beberapa kumpulan kode seperti library dan tools yang di padukan sehingga membentuk suatu kerangka kerja atau framework.

Codeigniter dibuat pada tahun 2006 oleh Rick Ellis. Codeigniter merupakan framework yang di khusukan untuk bahasa pemrograman PHP. Anda bisa mengunjungi situs resmi dari codeigniter adalah www.codeigniter.com

Konsep codeigniter menganut pola MVC atu lebih dikenal dengan Model View Controler Yang memisahkan kode penanganan proses untuk keperluan tampilan. Dengan konspe ini bisa memudahkan para developmer dalam mengembangkan sebuah aplikasi secara bersama (teamwork).

Yang dimaksud MVC disini adalah sebuah cara pembuatan aplikasi dengan memisahkan sebuah proses data menjadi tiga bagian yaitu model, view dan controler secara terstruktur.
  1.  Model merupakan data-data yang di presentasikan oleh aplikasi, yang melibatkan operasi database seperti create, read, update dan delete.
  2. View merupakan tampilan informasi yang ada di web browser. Biasanya kalao sudah ditampilkan dalam web browser maka kode akan berubah menjadi HTML.
  3. Controller Controler bertugas sebagai jembatan antara model dan juga view.
Apa saja yang diperlukan untuk mempelajari codeigniter ?


Sebelum anda mempelajari framework codeighneiter anda diwajibkan untuk mengetahui konsep bahasa pemrograman PHP. Karena codeigniter menggunakan konsep MVC anda juga diwajibkan untuk mengetahui konsep pemrograman berorientasi objek. Karena Model dan Controller mengusung komponen kelas, dan kelas sendiri merupakan hal yang utama dalam pemrograman berorientasi objeck.

Selain itu anda diwajibkan untuk mengetahui structur database mysql atau tentang SQL (Structur Query Language) yang nantinya digunakan sebagai Database dalam codeighneiter .

Point-point yang anda harus ketahui dalam mempelajari codeighneiter.
  • HTML Bahasa standar untuk membuat halaman web yang berjalan di client-side
  • CSS  (Cascading Style Sheet) digunakan untuk mempercantik halaman tampilan website
  • PHP dikarenakan Codeighneiter menggunakan bahasa pemrograman PHP jadi anda diwajibkan mengetahui dasar-dasar pemrograman PHP
  • MVC model yang digunakan untuk struktur codeigniter
  • SQL Bahasa standar yang digunakan Database Management System (DBMS) seperti Mysql, Oracle, SQL Server dll.
Itulah beberapa point yang perlu anda ketahui jika anda berminat membuat sebuah aplikasi dengan menggunakan framework codeigniter.

Baca Juga : Cara Instalasi Codeigniter 4 dengan mudah dan cepat

0 Response to "Mengenal Framework Codeigniter"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel