Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Upload Codeigniter 4 Ke Hosting Cpanel

Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi tutorial bagaimana cara upload codeigniter 4 ke server atau hosting agar bisa di akses di internet luar. 

Seperti yang kita ketahui bahwa struktur tabel pada codeigniter 4 berbeda dengan codeigniter versi sebelumnya. Dimana pada codeigniter 4 file index.php terdapat pada folder public.

Dalam mengupload file codeigniter 4 ini sangat beda dengan codeigniter 3, Pada codeigniter 3 kita tinggal upload file ke hosting, setting koneksi database, dan running. Namun hal itu tidak sama dengan codeigniter versi 4 ini.

Pada codeigniter 4 kita memisahkan folder public dengan folder lainnya kemudian kita hubungkan melalui file index.php, ok dari pada penasaran kita langsung saja mempraktekannya disini.

Persiapan

Siapkan file app codeigniter 4 yang akan di upload ke web hosting

Silahkan login ke akun web hosting kalian 

disini yang akan kita pratekan menggunakan cpanel.


Menyiapkan domain

Silahkan siapkan domain anda kemudian pilih kelola domain kemudian pilih file manager

Kemudian tampilannya akan seperti ini di sinilah kita akan mengupload file codeigniter 4 kita


Upload File ke Hosting

Sebelum kita upload file codeigniter kita silahkan kita kompress dulu file dan folder yang ada di root kecuali folder public .


Silahkan buat folder baru di root web hosting kalian silahkan beri nama terserah kalian, disini saya memberi nama ci4app setelah itu silahkan upload file yang sudah ada kompres tadi.


Kembali ke file explorer codeigniter 4 kalian buka folder public Setelah kemudian Kompress semua file dan folder yang ada di dalam public


Setelah sudah terkompres semua kemudian upload ke dalam public_html



Menghubungkan folder root dan public

Selanjutnya kita akan menghubungkan file yang ada di folder root tadi (folder ci4apps) dengan file yang ada di public_html caranya adalah sebagai berikut :

Silahkan anda Buka file index.php yang kalian upload di public_html tadi kemudian edit seperti berikut ini :

Silahkan anda cari kode berikut :


$pathsPath = realpath(FCPATH . '../app/Config/Paths.php');

kemudian silahkan anda ubah seperti berikut ini :
 
$pathsPath = realpath(FCPATH . '../ci4app/app/Config/Paths.php');

pada kode diatas kita telah menambahkan alamat folder kita yg di buat di root tadi fungsinya agar file index.php bisa terhubung dengan file codeigniter4 yang ada di folder ci4app yang sudah di buat di folder root tadi. Selanjutnya jangan lupa untuk setting Config.php yang ada di folder ci4app/app/config ubah base_url sesuai dengan domain anda kemudian simpan.

public $baseURL = 'http://namadomainkalian';

Setelah semua sudah tersetting dengan benar silahkan akses nama domain anda jika berhasil maka aplikasi anda akan muncul dengan normal.

Kesimpulan

Kita mengetahui bahwa struktur tabel pada codeigniter 4 itu sangat beda dengan codeigniter sebelumnya jadi caranya pun beda dengan cara codeigniter sebelumnya. 

Pada codeigniter 4 ini kita upload isi file dan folder yang ada di folder public ke public_html lainnya kita upload ke folder baru yang ada di root.

3 comments for "Cara Upload Codeigniter 4 Ke Hosting Cpanel"

  1. bagaimana struktur penulisan $pathsPath = realpath(FCPATH . '../ci4app/app/Config/Paths.php'); jika domain kita menjadi subdomain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal menyesuikan mas kan penempatan folder domain utama dengan sub domain tidak ada bedanya kalao domain utama berad dalam public html

      Delete
  2. tutorial laravel up ke hosting min

    ReplyDelete