Cara Installasi Laravel 8 di windows

Sebelum membahas tentang installasi laravel 8 akan akan menjelaskan apa sih laravel itu ? Laravel merupakan sebuah kerangka kerja atau disebut dengan framework terbaik dalam bahasa pemrograman PHP. Framework laravel sudah dipakai banyak developer web untuk mengembangkan sebuah aplikasi baik sekala besar maupun kecil. 

Laravel dibangun dengan konsep MVC yaitu model view controller. Laravel diperkenalkan pertama kali pada tahun 2011 dan mulai berkembang pesat pada tahun 2015, hingga saat ini laravel sudah sampai dengan versi 8 keatas.

Dan kali ini admin akan membahas tentang cara installasi laravel 8 di windows. Dalam documentasi laravel terdapat dua cara installasi laravel cara yang pertama dengan menggunakan perintah composer createct-project dan laravel installer.

Hal apa saja yang perlu disiapkan dalam installasi laravel 8 di windows ? Pastinya ada beberapa yang harus anda siapkan di windows kalian seperti aplikasi web server, composser dan juga anda harus terhubung ke dalam jaringan internet selama installasi laravel 8 berjalan.

Cara Installasi Laravel Menggunakan Composser

cara installasi menggunakan composser merupakan cara yang cukup singkat karena kita hanya mengetikan beberapa kata di composer / cmd caranya adal sebagai berikut silahkan kalian buka cmd kemudian arahkan ke folder root web server kalian disini admin menggunakan aplikasi Appserver maka saya masuk ke folder WWW (C:/AppServ/www) jika kalian menggunakan xampp maka silahkan kalian masuk ke folder htdocs (C:xampp/htdocs) kemudian ketikkan perintah berikut ini :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel laravel8

  • composer: menjalankan composer
  • create-project: membuat project
  • –prefer-dist laravel/laravel: memilih versi paling akhir dari framework laravel yang stabil
  • laravel8 : nama folder untuk file laravel 8 tersimpan di folder laravel8

Mungkin proses tersebut membutuhkan waktu beberapa menit karena sistem berkerja mendownload semua file laravel ko komputer/laptop kita. Tunggu sampai muncul keterangan Application key set successfully dan kusrsor kembali ke C:\AppServ\> maka proses pengunduhan file laravel sudah berhasil mari kita lihat hasil undahan file laravel kita di folder root web server dengan nama folder laravel8 sesuai dengan yang telah kita ketikan di atas.

Cara Installasi Laravel Menggunakan Laravel Installer

Sebelum melakukan installasi laravel dengan laravel installer langkah awal yang harus kita lakukan adalah menginstal aplikasi laravel installer lebih dulu . Menggunakan laravel installer memanglah cukup mudah karena perintahnya yang cukup singkat hanya dengan mengetikan perintah composer create-project langkah ini cocok untuk kalian yang sering membuat projrct dengan menggunakan laravel.

Cara installasi Laravel Installer dengan menggunakan komposer silahkan ketikan perintah berikut ini di komposer kalian :

composer global require laravel/installer


setelah itu tekan enter 


 Untuk mengecek apakah installasi laravel kita sudah berhasil atau belum silahkan tutup CMD anda kemudian buka lagi ketikan perintah laravel jika berhasil maka tampilannya akan seperti berikut ini  


Pada tampilan diatas kita sudah berhasil menginstall laravel installer versi 4. Sekarang jika kita menginstall laravel maka perintahnya jadi lebih singkat seperti beriktu ini :

laravel new (nama_folder)


Jangan lupa setiap kita menginstall file larvel pastikan mengarah pada folder root web server kita.

Memilih versi laravel

Bagaimana cara memilih versi laravel ? untuk saat ini laravel sudah memliki beberapa versi diantaranya ada laravel 5.0,6.0,7.0 dan saat ini sudah ada di laravel 8. Hampir setiap bulan tim laravel selalu update dan rilis versi laravel terbaru. cara diatas merupakan cara installasi laravel versi terbaru.

Lalu bagaimana cara memodiv installasi laravel ? Jika kita ingin menginstall versi laravel sebelumnya atau versi tertentu maka kita tambahkan ="^8.0" 8.0 merupakan versi laravel yang akan kita install tambahan kode tersebut bisa kita sesuikan dengan laravel yang akan kita install misal sebagai contoh kita ingin mengisntall laravel versi 7 maka perintah yang kita gunakan adalah :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel="^7.0" coba3


 Jika saat ini laravel sudah mencapai versi 9 atau bahkan lebih dan jika kita ingin menginstall laravel versi 8 maka kita tinggal ganti di bagian ="^7.0" di rubah menjadi ="^8.0" begitupun dengan versi lainnya tinggal menyesuiakannya.

Kesimpulan 

Laravel merupakan sebuah framework dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP yang sangat populer di kalangan developer web khususnya di negara Indonesia.

Perkembangan laravel sangatlah pesat hampir setiap bulan tim laravel selalu upadate dan memperbarui versi laravel

Installasi laravel bisa menggunakan dua cara dengan melalui composer langsung maupun melalui laravel installer . Kita bisa menginstall dan memilih versi laravel sesuai dengan kebutuhan kita dengan perintah diatas. 

No comments for "Cara Installasi Laravel 8 di windows "

Berlangganan via Email