Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Belajar Perulangan While pada Bahasa Python

Saat kita membuat sebuah program dan berhubungan dengan data atau penomoran pasti kita membutuhkan yang namanya perulangan.Yang namanya perulangan atau struktur perulangan sering disebut dengan loop merupakan instruksi kode program yang mempunyai tujuan untuk mengulang beberapa baris perintah. Ada 3 komponen yang wajib kita ketahui saat membuat kode perulangan yaitu yang pertama Kondisi Awal Perulangan yang kedua Kondisi Saat Perulangan dan yang ketiga yaitu kondisi yang wajib di penuhi agar perulangan terhenti

Pada artikel kali ini admin akan membahas perulangan while pada python berikut merupakan struktur perulangan while dalam bahasa python :

start;
while condition:
  # masukan kode yang akan di ulang 
  increment

Pada bagian paling atas terdapat kode start yang digunakan untuk inisial variabel perhitungan, misalnya $n=1. Kemudian pada bagian condition disinilah kondisi perulangan wajib di penuhi supaya perulangan berjalan misal n < 10. Dan ada pula increment di pakai untuk menaikan nilai variabel perhitungan, misal n = n+1.

Perhatikan contoh perulangan while dibawah ini

n = 1
while n <= 10:
  print('Belajar Perulangan')
  n += 1

Jika di run maka hasilnya akan seperti berikut ini :

Belajar Perulangan
Belajar Perulangan
Belajar Perulangan
Belajar Perulangan
Belajar Perulangan
Belajar Perulangan
Belajar Perulangan
Belajar Perulangan
Belajar Perulangan
Belajar Perulangan

Dapat kita pahami bahwa pada kode diatas admin membuat start dengan variabel n yang bernilai angka 1 (n=1) kemudian pada kondisi perulangan memberikan nilai variabel dari start kurang dari atau sama dengan 10 (n <= 10) kemudian admin memasukan kode print('Belajar Perulangan') kode tersebut yang nantinya akan di ulang sebanyak 10 kali sesuai dengan nilai yang ada dalam kondisi. (while n <= 10) . Saat membuat perulangan while jangan lupa untuk membuat perintah increment perintah increment pada kode diatas adalah n += 1. Jika kita sampai lupa menuliskan perintah increment maka perulangan akan berjalan terus karena tidak terpenuhinya kondisi akhir dan akan terus berjalan untuk memberhentikannya kalian tekan CTRL+C. Kondisi tersebut dikenal dengan infinity loop 

Berikut contoh infinity loop


n = 1
while n <= 10:
  print('Belajar Perulangan')

Maka Hasilnya akan seperti dibawah ini :


Penyebab kenapa jika kita menjalankan kode diatas (infinity loop) selalu menjalan perulangan terus menerus dan tidak akan berhenti jika tidak ditekan CTRL+C karena kondisi while n <= 10 akan terus bernilai True. Karena didalam blok perulangan tersebut tidak kode yang memerintahkan nilai variabel n supaya kondisi while n <=  10 bernilai False.

Selain itu kita juga harus berhati-hati dalam menggunakan spasi di penulisan kode perulangan dalam python karena itu merupakan penanda blok perulangan. seperti contoh di bawah ini :
n = 1
while n <= 10:
  print('Belajar Perulangan')
 n += 1

Kode program diatas akan menjadi infinity loop karena perintah increment dibaris terakhir tidak lagi berada dalam blok perulangan, tapi berada setelah perulangan.

Kita juga bisa menampilkan nilai variabel n di dalam perulangan contohnya seperti dibawah ini :

n = 1
while n <= 10:
  print('Belajar Perulangan', n)
  n += 1

Maka hasilnya akan seperti dibawah ini : 

Belajar Perulangan 1
Belajar Perulangan 2
Belajar Perulangan 3
Belajar Perulangan 4
Belajar Perulangan 5
Belajar Perulangan 6
Belajar Perulangan 7
Belajar Perulangan 8
Belajar Perulangan 9
Belajar Perulangan 10

Bagaimana jika kita ingin mengubah nilai tersebut menjadi menurun atau menjadi kelipatan misal kelipatan 3 atau berapa gitu . Caranya pun gampang kita tinggal mengotak atik pada perintah kondisi awal dan kondisi akhir di bagian increment jika kita ingin menampilkan nilai perulangan menurun kita gunakan proses decrement pada kode diatas perhatikan yang paling bawah yang awalnya nilai variabel n += 1 maka kita tinggal megubah seperti ini n -= 1 dan jika kita ingin menampilkan deret kelipatan misal kita ingin menampilkan kelipatan angka 2 maka kita ubah kondisi awal dan akhir dengan nilai yang sesuai dengan keingininan seperti contoh dibawah ini : 


n = 2
while n <= 20:
  print('Belajar Perulangan', n)
  n = n + 2
Maka hasilnya akan seperti dibawah ini : Belajar Perulangan 2
Belajar Perulangan 4
Belajar Perulangan 6
Belajar Perulangan 8
Belajar Perulangan 10
Belajar Perulangan 12
Belajar Perulangan 14
Belajar Perulangan 16
Belajar Perulangan 18
Belajar Perulangan 20

Kesimpulan

Kali ini kita sudah mempelajari tentang perulangan pada python yaitu perulangan while untuk membuat sebuah perulangan kita wajib memahasi tiga komponen perulangan.

Selain itu kita juga sudah bisa mempratekan penggunaan perulangan loop while pada python. Untuk artikel selanjutnya kita nanti akan membahas perulangan pada python dengan menggunakan perintah for.

Post a Comment for "Belajar Perulangan While pada Bahasa Python"