Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Fitur dan Ulasan Terbaru dari Laravel Octane.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang apa itu laravel octane ? Apa fitur dan fungsi dari laravel octane ?

Pada setiap tahunnya framework laravel tidak henti-hentinya selalu meluncurkan fitur-fitur terbaru yang selalu memudahkan para developer untuk mengembangkan aplikasinya. Jadi tidak heran lagi jika framework laravel menjadi framework PHP yang paling banyak digunakan atau digemari. Hal itu tidak lepas dari manfaat dan keunggulan yang dimiliki oleh laravel. Untuk saat ini laravel sudah berada pada laravel versi 8.

Kita kembali lagi ke topic tentang Laravel octane merupakan salah satu fitur yang ada pada laravel yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan performa aplikasi. Octane termasuk dalam fitur RoadRunner dan Swoole. Dengan menggunakan laravel octane, Octane akan melakukan boot sekali pada aplikasi, lalau menyimpannya ke dalam memori kemudian memberikan permintaan dengan kecepatan tinggi.

Lalu Bagaimana Laravel Octane Bekerja ?

Bagaimana Taylor Otwell (Pendiri Laravel) mendemokan laravel octane ? anda bisa melihat demonya saat persentasi disini

Perintah untuk masuk ke octane sangatlah mudah cukup dengan menggunakan perintah Artisan " octane: start " pada terminal kita kemudian ia akan menjalankan Swoole atau RoadRunner. Tergatung pilihan kita, kita dapat memilih teknologi mana yang cocok dijalankan berdasarkan threads CPU kita.

Perintah untuk memilih teknologi yang cocok untuk threads CPU kita

artisan octane:start --workers=8 --server=roadrunner

Baik pada Swoole maupun RoadRunner sama-sama menggunakan coroutine yang dapat memungkinkan PHP agar berjalan lebih efisien lagi, dengan membagi beberapa proses pekerja yang berdasarkan nomer inti dari CPU.

Dengan kita menggunakan Swoole atau RoadRunner dapat memungkinakan startup aplikasi kita menjadi lebih baik dan efisien. Ditambah lagi dengan PHP OPcache yang dapat meminimalkan overhead dengan cara kerjanya menyimpan kode byte dalam memori bersama-sama.

Selain pada itu octane juga dapat menghilangkan waktu startup kerangka kerja yang dapat berdampak  secara signifikan pada kinerja aplikasi yang mempunyai beban kerja HTTP request yang lumayan berat.

Untuk informasi yang beredar octane nantinya akan berjalan pada PHP versi 8.

Baca Juga : Fitur Terbaru dari PHP 8

Dengan diluncrukannya laravel octane ini tentunya dapat membantu para developer web yang mengembangkan aplikasi dengan kinerja tinggi, dengan bantuan Swoole dan Octane

Post a Comment for "Fitur dan Ulasan Terbaru dari Laravel Octane."