Macam-macam Tipe Data pada PHP


Belajar Dasar Bahasa Pemrograman PHP Mengenal Macam-macam Tipe Data PHP

Kali ini admin akan membahas tentang macam-macam tipe data yang ada di PHP. Sebelumnya kalian tau gak sih apa itu Tipe Data ? Apa Pengertian dari tipe data itu ? Type Data adalah data dengan jenis tertentu dengan karakteristik tertentu. Bagi kalian yang sudah memahami bahasa pemrograman yang lainnya atau database pasti sudah mengenal type data.
Macam-macam type data yang ada di PHP di antaranya adalah :

Integer

Integer adalah tipe data pada php yang berupa angka bulat seperti 1, 3, 200, 3000, type data ini sangat umum digunakan di bahasa pemrograman khusunya berkaitan dengan angka bulat. Type data integer tanpa tidak menggunakan awalan angka nol ( 0 ) . Nilai integer bisa bernilai negatif atau positif dan jika tidak diberi tanda ( – ) maka diasumsikan sebagai nilai positif.
Contoh penulisan integer dalam PHP :

<?php
$angka = 1;
$angka2 = 010;
echo $angka; // Maka akan menjadi bilangan octal
echo $angka2; 
?>

Catatan : Jika integer di awali dengan angka nol ( 0 ) maka hasilnya akan menjadi bilangan octal seperti pada contoh $angka2

Float

Float atau nama lainya adalah floating point atau real number adalah type data pada php yang memiliki bagian desimal di akhir angka contohnya adalah 3,21 atau 4,5dalam penulisan type data float didalam php bukan menggunakan koma ( ,) tetapi menggunakan titik (.).
Contoh Penulisannya dalam PHP

<?php
$nilai = 5.89;
echo $nilai;
?>

String

String adalah type data pada php yang berisi berupa karakter, baik angka, huruf, karakter khusus, dll. Penulisannya di apit oleh petik yang ada di atas ( quoted ) dimana bentuknya bisa kata atau kalimat. Dan dalam PHP untuk penulisan jenis type data ini ada 4 cara yaitu Single Quoted, Double Quoted. Contoh penulisan pada script PHP

<?php
$single_quoted = ‘ Belajar PHP’;
$double_quoted= ”Belajar PHP”;
echo $single_quoted.”<br/>”.$double_quoted;
?>

Dari syntax di atas bisa dilihat jelas perbedaan dari penggunaan Single Quoted dan Double Quoted. beberapa point yang membedakan kedua quoted tersebut antara lain adalah jika penulisan string menggunakan double quoted dan didalamnya terdapat variable maka php akan memprosesnya tapi jika menggunakan single quoted tidak. Apabila di dalam double quoted ada kalimat yang menggunakan tanda (“”) harus menggunakan backslash di awal dan akhir kalimat. Contohnya :

<?php
$string1='contoh tanda petik: A\'KU"';
$string2='Document Penyimpanan C:\\xampp\\htdoc';
echo $string1."<br/>".$string2;
?>

Boolean

Type data boolean adalah tipe data yang paling sederhana dalam bahasa pemrograman apapun. karena hanya memiliki dua nilai true dan false  ( Benar dan salah ). tipe data boolean sering digunakan pada operasi logika di antaranya seperti kondisi looping ( Perulangan ) dan if ( Logika ). berikut adalah contoh type data boolean dengan penggunaan kondisi if :

<?php
$angka = 10;
if ($angka == 10) {
 $angka = true;
}
if ($angka) {
 echo "Benar Sekali";
}

?>

Array 

Untuk type data Array adalah tipe data yang didalamnya terdiri dari beberapa kumpulan tipe data. Dalam penulisan Array mendukung beberapa cara penulisan, salah satunya adalah menggunakan Konstruktor Array.

<?php
$nama_variabel = array(
key => value,
key2 => value2,
...
)
?>

penulisan array terdiri dari kunci ( key ) dan nila ( value ). key berfunsi sebagai penunjuk posisi dimana value tersimpan. tanda => berfungsi untuk memberikan nilai kepada key. untuk mengakses nilai dari array kita menggunakan kombinasi nama variable dan nilai key agar mempermudah mari kita lihat contoh dibawah ini

<?php
$nama = array(
0=>"Putri",
1=>"Putra",
2=>"Laura"
);
echo $nama[0]; //Putri;
?>

pada contoh di atas admin menggunakan integer sebagai key dan string sebagai value.

1 Response to "Macam-macam Tipe Data pada PHP"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel