Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Konsep MVC dan Framework pada PHP

Semakin ke sini semakin pesat perkembangan teknologi yang ada di dunia ini. Termasuk dalam dunia pemrograman baik itu berbasis web, dekstop maupun mobile. Banyak bahasa pemrograman yang selalu update dengan fitur maupun kemudahan yang dimiliki. Pada kali ini kita masih membahas mengenai bahasa pemrograman PHP. Pada jaman sekarang ini PHP Native sudah sangat jarang digunakan bahkan beberapa programer banyak yang sudah meninggalkannya, karena mereka banyak yang beralih menggunakan framework.

Pada kesempatan yang baik kali ini admin akan membahas mengenai apa itu framework dan konsep MVC pada bahasa pemrograman PHP. Pada bahasa pemrograman PHP banyak terdapat framework yang mudah digunakan dengan fitur yang unggul dan mudah digunakan. Framework dalam bahasa pemrograman PHP selalu update mengikuti perkembangan jaman guna menambah fitur terbaru dan mempermudah pengguna dalam membangun sebuah aplikasi. Framework PHP saat ini yang cukup populer di kalangan programer PHP Indonesia diantaranya adalah Laravel, Codeigniter, YII dan lain sebagainya. Semua framework secara konsep menggunakan konsep MVC. 

Framework

Framework merupakan sebuah kerangka kerja yang siap digunakan yang mampu mempermudah dan mempercepat suatu pekerjaan seseorang. Atau bila dikaitkan dengan bahasa pemrograman framework adalah sebuah kerangka kerja yang terstruktur yang mampu memerpumah seorang programer dalam membangun atau mengambangkan sebuah perangkat lunak atau aplikasi. 

Baca Juga : Mengenal framework Codeigniter

Dengan menggunakan framework kita tidak perlu menulis kode script dari nol, Jadi kita cukup membuat function dan class yang sesuai dengan kebutuhan kita. Dalam framework sudah terdapat core script yang berfungsi untuk mapping class dan function yang sudah kita buat.

Kelebihan yang ada pada framework sangatlah banyak sekali. Dengan menggunakan framework kita dapat mempercepat dan mempermudah dalam membangun sebuah aplikasi, dan memudahkan kita pada saat maintenance aplikasi karena script sudah terstruktur rapi. Dalam framework juga terdapat banyak fasilitas dan library (seperti : Connection Database, Pagination, Validasi, Session, Error dll). yang umum digunakan sehingga kita tidak perlu membangun dari awal. 

Baca Juga : Cara Install Laravel

MVC

Apa itu MVC ? MVC merupakan sebuah singkatan dari "Model View Controller" yang merupakan sebuah konsep yang umum digunakan untuk membangun seuah aplikasi berbasis web. MVC mempunyai 3 jenis komponen utama yaitu : Manipulasi Data, User Interface, dan bagian yang menjadi kontrol aplikasi. atau yang diberi nama dengan Model View dan Controller. Dengan Konsep MVC aplikasi dapat dikembangkan dengan kemampuan PIC nya, Bagian Model dan Controller di tangani oleh developer sedangkan bagian View di tangani oleh Web Designer. Dengan arsitektur MVC kode dapat terorganiasai dan meningkatkan maintainability. Walaupun sudah terpecah seperti itu namun masih tetap dibutuhkan komunikasi yang baik antara Developer dan Web Desainer dalam menangani parameter dan variabel yang ada.

Model

Apa itu model ? Model merupakan bagian yang berhuungan langsung dengan penyimpanan data atau database. Model mempunyai tugas untuk memanipulasi data CRUD (Create, Read, Update Delete) dan menagani validasi dari Controller.

View

Apa itu view ? view merupakan bagian yang menangani presentation logic. View mempunyai fungsi untuk menerima dan mempresentasikan data ke user atau bagian user interface. View diatur oleh Controller dan tidak mempunyai akses langsung terhadap model atau database.

Controller

Apa itu controller ? Controller merupakan bagian yang mengatur hubungan antara Model dengan View atau juga disebut sebagai jembatan antara Model dengan View. Controller mempunyai fungsi menerima request data dari view atau user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi. Controller juga yang mengatur routing URL yang akan digunakan.

Kesimpulan 

Pada artikel kali ini kita sudah membahas mengenai framework dan MVC. Semua framework secara konsep menggunakan MVC. Framework disebut juga dengan kerangka kerja yang tersruktur sehingga dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Sedangkan MVC merupakan singkatan dari Model View dan Controller sebuah konsep yang umum digunakan dalam membuat aplikasi berbasis web.


Post a Comment for "Konsep MVC dan Framework pada PHP"