Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Belajar Membuat Database di Mysql


Cara membuat database dengan mysql - Pada tutorial sebelumnya admin sudah membahas mengenai pengenalan tentang database MySQL dan Macam-macam tipe data di mysql kali ini admin akan melanjutkan bagaimana cara membuat sebuah database di MySQL. Ok langsung saja kita ke pembahasan dibawah ini

Cara Membuat Database di Mysql Dengan Aplikasi XAMPP

Pertama-tama silahkan kalian bukak aplikasi XAMPP nya kemdudian klik start pada mysql,nya sehingga tampilannya seperti dibawah ini


Kali ini kita akan membuat sebuah database dengan menggunakan tampilan Command Pront setelah database mysql ,nya di start silahkan kalian klik shell yang ada pada xampp.


Sehingga muncul jendela baru yang warnanya hitam .



Setelah sudah muncul jendela baru silahkan anda masuk kedalam mysql anda dengan memasukan username dan juga password mysql kalian caranya ketikkan “ Mysql –u root –p “ (  –u yang artinya untuk username –p untuk password dan root merupakan data akun username ) kemudian tekan enter masukan password anda enter lagi sehingga muncul tampilan / kalimat seperti dibawah ini. ( admin menggunakan aplikasi xampp dengan default akun mysql xampp yaitu usernamenya root dan passwordnya kosong jadi setelah memasukan “mysql –u root –p “ tinggal tekan enter dua kali).


Kalao tampilan anda sudah sesuai dengan tampilan yang ada diatas ini dan sudah ada kalimat welcome to the mysql monitor maka anda sudah berhasil masuk ke dalam mysql. Setelah sudah masuk ke dalam mysql ketikan perintah show databases; perintah show databases digunakan untuk menampilkan database yang sudah ada di dalam mysql.


Pada contoh gambar diatas silahkan perhatikan warna merah tersebut adalah daftar-daftar nama database yang sudah pernah di buat sebelumnya. Kali ini kita akan membuat sebuah database baru dengan perintah “ Create database NamaDatabaseAnda “ disini admin akan membuat database dengan nama “ latihan “ maka admin menulis sebuah perintah “ create database latihan; “ kemudian tekan enter lagi jika tidak terjadi error maka database dengan nama latihan berhasil dibuat sekarang silahkan ketikan perintah show databases; untuk melihat ulang nama databasenya lagi.


Pada gambar diatas nama database latihan ( perhatikan warna biru ) sudah berhasil kita buat. Untuk menghapus database perintahnya adalah drop namadatabase;. Misal admin ingin menghapus nama database latihan maka yang saya ketikan perintah drop latihan;. Kemudian ketikkan perintah show databases dan lihat dalam daftar nama database tersebut maka database latihan sudah hilang.

Sekian dulu tutorial cara membuat database dengan mysql silahkan selanjutnya kalian baca cara membuat tabel didatabase mysql.

Post a Comment for "Belajar Membuat Database di Mysql"