Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Database dan Pengenalan Database MySql



Pengertian Database

Apa sih itu database ? Banyak orang yang berpendat tentang pengertain database yang berbeda-beda. Tapi kali ini admin mengambil pengertian database menurut Wikipedia Database adalah sekumpulan informasi / data yang tersimpan dalam sebuah komputer secara tersistem sehingga dapat diolah oleh suatu program komputer.

Istilah basis data membentuk sebuah koleksi dari data-data yang saling terhubung. Dan softwarenya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data / Database Management System ( DBMS ) Jadi secara konsep basis data adalah kumpulan sebuah file yang saling terhubung untuk menampilkan sebuah informasi baru.

Pengertian database model menurut wikipedia adalah sebuah jenis model data yang menentukan struktur data logis yang dapat dimanipulasi ( Create Read Update Delete ). Dari pengertian database di atas ada banyak aplikasi/software yang digunakan untuk membuat sebuah database diantaranya adalah database MySql yang akan kita bahas.

Pengenalan Database Mysql.




Apa itu mysql ? sebelum kita membahas mysql kita juga harus tau dulu tentang SQL. Apa yang dimaksud dengan SQL ? SQL merupakan kepanjangan dari Structure Query Langauage. SQL ini digunakan untuk memanajemen dan memanipulasi data pada relasi database. Sedangkan Mysql Merupakan salah satu database management system (DBMS) yang sudah populer di dunia. Mysql ini sering juga digunakan untuk database aplikasi berbasis web. Mysql dan SQL saling berhubungan karena SQL sebagai bahasa untuk memanipulasi data kemudian Mysql digunakan untuk memanajement sistemnya.

Mengapa kita butuh database ? kareana Database digunakan untuk menyimpan sebuah data yang nantinya akan membentuk sebuah informasi baru. Pada saat kita membangun sebuah aplikasi dengan data skala besar maka kita butuh penyimpanan/wadah agar aplikasi kita dinamis. Disini yang dimaksud dengan penyimpanan/wadah adalah database.

Mengapa kita memilih database MySQL ?

Mysql saat ini merupakan database yang paling populer dikalangan para programer khsususnya bagi mereka yang bergerak dalam pembuatan/pengembangan website. Karena mysql siafatnya open source dan juga mudah untuk digunakan. Sudah pasti database mysql ini dibutuhkan banyak orang untuk menyimpan data dalam aplikasi yang dibuat atau di kembangkannya. Contoh saat kita membuat sebuah aplikasi pribadi yang digunakan untuk menampilkan data diri, artikel berita dll maka kita membutuhkan wadah untuk menyimpan data-data tersebut.

Ada dua jenis perintah dasar didalam MySQL yaitu Data Definition Language ( DDL ) dan Data Manipulation Language ( DML ).

Data Definition Language (DDL) berisi perintah-perintah yang biasanya digunakan untuk mendefinisikan skema dalam database, Skema merupakan deskripsi lengkap tentang struktur tabel, rekaman, dan relasi data pada database. Contoh : Create

Data Manipulation Language (DML) berisi perintah-perintah yang digunakan untuk memanipulasi, mengubah, dan mengambil data pada database. Tindakan Mengambil data, mengubah data ( update ) menghapus data (delete) merupakan bagian dari DML contoh : insert, delete

Beberapa faktor yang mempengaruhi database Mysql ini menjadi populer diantaranya adalah :
  •  Sifatnya open source ( gratis ) jadi tidak perlu bayar jika ingin menggunakannya.
  • Mampu menampung data yang cukup besar
  • Menggunakan bahasa SQL yang mudah untuk dipahami.
  • Mampu berjalan dibanyak sistem operasi seperti linux dan windows
  • Bisa dipasangkan dengan beberapa bahasa pemrograman seperti, Bahasa C, C++, PHP, Java  dan lain-lain.
  • Bebas untuk dikembangkan karena sifatnya yang open source.
  • Mendukung database dengan sekala ukuran yang besar.
  • Dan masih banyak kelbihan-kelebihan lainnya.
Itulah beberapa kelebihan-kelebihan yang dimiliki dari database mysql yang saat ini sedang tren dikalangan seorang programer/development. Sekian pembahasan database mysql nanti kita lanjut pada tutorial selanjutnya yaitu mempraktekan cara pembuatan database dalam mysql.

Post a Comment for "Pengertian Database dan Pengenalan Database MySql"