Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perulangan Dalam PHP


Ada 4 Jenis Perulangan Dalam Bahasa Pemrograman PHP

Ada dua macam perulangan dalam pemrograman yaitu Counted loop dan Uncounted loop Di Perbedaan dari dua jenis perulangan di atas adalah Counted loop mempunyai perulangan yang jelas jumlah banyaknya pengulangannya sedangkan Uncounted loop tidak pasti dan belum ada jumlah yang jelas berapa kali dia akan mengulang.

Contoh Counted loop seorang pelari melakukan olah raga lari mengelilingi lapangan 10 kali putaran. Berarti kita lihat dari keterangannya bahwa pelari tersebut akan berlali mengelilingi lapangan sebanyak 10 kali.

Contoh Uncounted loop seorang pelari melakukan olah raga lari mengelilingi lapangan sampai dia capek dan bosan. Dari keterangan tersebut tidak disebutkan nilainya berapa kali seorang pelari tersebut akan mengelilingi lapangan itu. Jadi tidak pasti berapa kali dia akan mengulang berlali mengelilingi lapangan tersebut.
Dalam Bahasa pemrograman PHP ada 4 jenis perulangan yaitu
  1. For
  2. Do/While
  3. While
  4. Foreach
1. Perulangan FOR

Perulangan for ini termasuk dalam kategori perulangan counted loop karena kita harus mentukan jumlah perulangannya.
Contoh :

 <?php
for ($i=0; $i < 5; $i++) { 
 echo "<br/>Mulai Perulangan dari angka $i"; //Kode yang akan diulang
}
?>

Maka Hasilnya :

Dalam code perulangan FOR di atas variable i ( $i ) berperan sebagai counter yang menghitung berapa kali banyaknya for akan mengulang. Dalam script di atas variable I ($i) mempunyai nilai angka awalan nol ( $i = 0 ) dan juga variable i ($i) lebih kecil atau kurang dari angka 5 ($i < 5)  maka for akan melakukan perulangan sebanyak 5 kali yaitu di mulai dari angka 0,1,2,3, dan 4. Fungsi dari variable i plus-plus ($i++) adalah dia akan menambah angka 1 secara otomatis sebelum perulangan tersebut berhenti.

2. Perulangan Do / While

Perulangan do / while di termasuk dalam uncounted loop karena sering digunakan untuk mengulang yang belum jelas nilai perulangannya.

Contoh :

 <?php
$nilai = 5;
do {
 echo "<br/>Perulangan Angka dimulai dari $nilai";  //Kode yang akan diulang
 $nilai--;
}while($nilai > 0); 
?> 

Maka Hasilnya :


Perulangan do / while akan melakukan perulangan 1 kali dan kemudian akan melakukan pengecekan kondisi. Perulangan do while akan melakukan perulangan di mulai dari variable i ($i=5) kemudian akan mengecek kondisi hingga akan menentukan hasil dari akhir variable i ($i > 0). $nilai-- artinya angka akan berkurang satu secara otomatis sampai nilai kondisi akhir yang menentukan.

3. Perulangan While

Perulangan while ini hampir sama dengan perulangan do/while. Perulangan while ini juga termasuk dalam kategori uncounted loop. Perbedaan perulangan while dengan do/while adalah terletak pada pada cara perulangannya. Perulangan while akan mengecek kondisi terlebih dahulu kemuadian akan melakukan perulangan sedangkan perulangan do/while akan melakukan perulangan sebanyak 1 kali kemudian baru mengecek kondisi perulangannya.

Contoh : 

<?php 
$nilai = 0;
while($nilai < 5){ // kondisi
    echo "<br/>Perulangan dimulai dari angka $nilai"; //kode yang diulang
    $nilai++;
}
?> 

Maka hasilnya :

Perulangan while akan mengulang selama nilai dalam variable nilai ($nilai) lebih kecil dari angka 5 kemudian dalam perulangan tersebut kita harus melakukan increment nilai variable nilai ($nilai) dengan variable nilai plus-plus ( $nilai++ ) yang artinya : Akan menambah angka 1 secara otomatis di setiap perulangannya.

Catatan : hati-hati jangan sampai lupa menmbahkan increment, maunpun kode yang mempengaruhi perulangan karena kalau tidak, perulangannya akan mengulang terus tanpa berhenti dan bisa menyebabkan computer kita hang.

4. Perulangan Foreach

Perulangan foreach ini hampir sama dengan perulangan for. Tapi, foreach lebih khusus digunakan untuk mencetak sebuah array.

Contoh :

<?php
$data = [
    "Data 1",
    "Data 2",
    "Data 3",
    "Data 4"
];
echo "<h5>Tampil Data :</h5>";
echo "<ul>";
foreach($data as $tampildata){
    echo "<li>$tampildata</li>";
}
echo "</ul>";
?> 

Maka Hasilnya :


Itulah sedikit mengenai tentang 4 jenis perulangan yang ada pada bahas pemrograman PHP


Post a Comment for "Perulangan Dalam PHP"