Mengenal isi Array dan for dalam PHP - Sinauo.Com

Mengenal isi Array dan for dalam PHP


Kali ini kita akan membahas Array dalam bahasa pemrograman PHP. Apa itu array ? Array adalah type data variabel yang bisa menimpan banyak nilai atau data. Sebelumnya di sinau.com sudah mempraktekan sedikit tentang array di artikel Macam-macam Jenis Type Data Dalam PHP
Pada setiap isi dari array akan di tandai dengan angka. Mengapa dengan angka karena array menyimpan banyak nilau atau data. Angka isi array di mulai dari 0,1,2,3,4 ...... sampai seterusnya. Ada dua cara dalam pemanggilan isi array. Yaitu dengan defaultnya array, dan bisa dengan memberikan penamaan pada tiap atau masing-masing isi array.

Memanggil isi data array secara default atau biasa

Pada default array tiap isi dalam array sudah mempunya urutan dimulai dari angka nol seperti yang ada pada contoh berikut ini :

<?php
$daftarhewan = array('anjing','kucing','macan','singa'); // Contoh isi array
echo $daftarhewan[1]; // pemanggilan isi array
?>

Dari contoh script diatas sudah bisa sedikit di pahami bahwa variabel dari daftarhewan mempunyai isi array daftar nama hewan yang isinya di mulai dari ‘anjing’,’kucing,’macan’,’singa’. Dari isi tersebut dapat kita pahami penomoran secara default yang di awali dari angka 0 mempunyai isi anjing, angka 1 mempunya isi kucinng, angka 2 mempunyai isi macan, dan angka 3 mempunyai isi singa. Jadi dari script di atas bisa kita lihat $daftarhewan[1] menampilkan isi array nomer 1 yaitu kucing. Karena kucing mempunyai angka 1 dalam urutan di atas.

Membuat penamaan pada isi array.

Selain defaultnya array dengan penomoran yang di mulai dengan angka nol dan seterusnya array juga bisa digunakan dengan memberikan penamaan pada setiap masing-masing isi array tersebut. Seperti contoh yang ada di bawah ini :

<?php
//membuat isi array
$daftarhewan = array(
      'anj' => 'Anjing',
      'kcg' => 'Kucing',
      'mcn' => 'Macan',
      'sga' => 'Singa'
      );
echo $daftarhewan['mcn']; //tampilkan isi array
?>

Dari contoh penamaan array di atas coba sedikit kita pahami dari variabel daftarnamahewan terdapat isi array dengan sistem penamaan dalam setiap masing-masing isi array . Coba anda pahami dan lihat dari isi array tersebut ada kata ‘anj’ => anjing dari situ dapat jelaskan bahwa kata ‘anj’ jika di panggil dalam array maka browser akan menampilkan Anjing, ‘kcg’ akan menampilkan Kucing, ‘mcn’ akan menampilkan Macan, dan ‘sga’ akan menampilkan Singa. Atau dengan kata lain kita sudah memberikan nama pada isi variabel array anj berisi Anjing, kcg berisi Kucing, mcn berisi Macan, dan sga berisi Singa. Dari contoh di atas ada $daftarhewan[‘mcn’]; maka data yang akan ditampilkan adalah Macan seperti pada browser berikut ini :

Penerapan Array dengan Perulangan For

Dalam bahasa pemrograman PHP ada beberapa jenis perulangan di antaranya adalah for berikut ini contoh penggabungan array dengan perulangan for

 <?php
$daftarhewan = array('Anjing','Kucing','Macan','Singa'); // isi array
for ($i=0; $i < count($daftarhewan); $i++) { 
 echo $i." ".$daftarhewan[$i]."<br/>";
}
?> 


Maka Hasilnya :



Fungsi dari count di atas adalah digunakan untuk menghitung jumlah isi dalam array. Perulangan for tersebut akan menghasilkan angka 0 sampa 3 karena $i=0 dan $i < count($daftarhewan). Karena isi dari $count($daftarhewan) itu ada 4 ( Jumlah isi array). Dan script for di atas perintahnya $i menampilkan jumlah kurang dari jumlah dari isi array yaitu 4. Maka yang tampil di mulai dari $i yang awalnya 0 dan berakhir di angka yang kurang dari 4 yaitu angka 3. Maka data yang tampil Sesuai dengan urutan arraynya.

Please write your comments