Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tutorial Python Cara Menjalankan Kode Python Interpreter dan IDLE Python (Teks Editor Python)

Pada tutorial sebelumnya saya sudah membahas Pengenalan Tentang Python dan Cara Install Python di Windows. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba test menjalankan python apakah sudah berjalan dengan sempurna di windows kita atau ada yang error.

Cara membuka python melalui menu windows sangatlah gampang, Silahkan anda tekan logo windows kemudian ketikan python maka nanti akan muncul beberapa pilihan silahkan pilih python 3.9

Maka setelah itu akan muncul jendela tampilan seperti pada command promt windws (CMD) seperti gambar berikut ini :

Pada tampilan diatas kita sudah berada langsung dalam tampilan interpreter python. 

Untuk memastikan apakah python sudah berjalan dengan lancar mari kita test dengan mengetik beberapa perintah python :

print "Selamat Datang"

maka tampilannya akan seperti berikut ini :

Jika kita mengetikan perintah exit() atau quit(), maka aplikasi Python akan langsung tertutup.

Menjalankan Python dari Python Interpreter seperti diatas cocok untuk menjalankan kode Python yang singkat dan hanya terdiri dari 1 baris. Beda lagi jika kita menulis kode program yang panjang, kita bisa membuat python script atau file python.

Menjalankan Python dengan Idle Python.

Pada keterangannya diatas kita sudah membahas menjalankan kode python melalui interpreter python langsung. Dan pada tahap ini kita akan membahas bagaimana cara memjalankam python dengan idle python. Apa si itu IDLE ? IDLE merupakan singkatan dari Integrated Development and Learning Environement. Dalam kata lain IDLE Python adalah teks editor bawaan dari python. Saat kita menginstall python secara otomatis IDLE akan ikut terinstall pada komputer kita.

Untuk membuka IDLE python silahkan tekan logo windows kemudian ketikan Python kemdudian pilih IDLE(Python 3.9) 


Menjalankan Kode Python Melalui IDLE Python (Interactive Mode)

Tampilan awal untuk IDLE python sama seperti tampilan interactive mode seperti di atas namun disini mempunyai background putih sedangkan yang diatas menggunakan background hitam.

Kursor ">>>" menandakan bahwa kita bisa langsung langsung mengetikan kode python kemudian python interpreter akan langsung memprosesnya.



Menjalankan Kode Python Melalui IDLE Python (Script Mode)

Kali ini kita akan menggunakan sebuah keunggulan yang dimilik oleh IDLE Python dimana kita bisa membuat file kode python dan langsung menjalankannya (script mode).

Pertama kita buat file teks baru dengan menujun Menu File -> New File. Kemudian akan tampil teks editor yang mirip seperti notepad. Dan disitulah kita akan mengetikan beberapa perintah python sperti berikut ini
print("Selamat datang")
web="Sinauo.com"
print("Kami Sedang Belajar Bahasa Python di "+web)

Masukan kode diatas ke IDLE python kemudian simpan caranya kita menuju ke mene File -> Simpan kemudian tentukan lokasi penyimpanan anda, kasih nama filenya dan jangan lupa dikasih format .py contoh misal saya menyimpan file saya dengan nama belajar_python.py. 

Setelah sudah berhasil disimpan jangan lupa untuk menjalankan atau me RUN program yang telah kita buat caranya silankan menuju menu Run -> Run Module atau bisa juga langsung dengan mengetikan F5



Jika kode python kita berhasil di run atau dijalankan maka hasilnya akan seperti berikut




Jika kita ingin menambah atau mengedit kode python kita setelah itu klik save lalu tinggal tekan F5 maka secara otomatis kode python akan berjalan dan menampilkan output sesuai dengan kode yang kita masukan.

Seperti yang kita ketahui pada pembahasan diatas bahwa IDLE python bisa menjalankan secara interactive mode maupun script mode.

Post a Comment for "Tutorial Python Cara Menjalankan Kode Python Interpreter dan IDLE Python (Teks Editor Python)"