Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tutorial Python Membuat Logika Percabangan Dengan Kondisi if / else

Pada saat kita membuat sebuah program ada kalanya kita harus membuat sebuah percabangan, yakni dimana jika sebuah kondisi terpenuhi, maka akan menjalankan kode sesuai perintah awal dan jika tidak maka akan berjalan pada kode yang lain.

Aturan penulisan if else adalah sebagai berikut

If condition:
#kode program yang dijalankan jika bernilai true
#kode program yang dijalankan jika bernilai true

Baca Juga : Mengenal Jenis-jenis operator pada Python

Pada bagian condition berperan sebagai penentu daru struktur percabangan. Jika conidition terpenuhi maka menghasilkan nilai true dan blok kode program akan dijalankan. Jika condition tidak terpenuhi atau menghasilkan nilai false blok kode program (untuk nilai true) tidak akan pernah dijalankan.

Condition terdiri dari operasi pembanding apakah suatu variabel A berisi angka 100, atau variabel username berisi string ? .

Dalam penulisan suatu konidisi (condition) selalu ada titik dua sebelum kode program python kemudian diikuti satu atau beberapa baris dengan awalan whitespace di sisi kiri (berupa tab atau spasi) yang dikenal dengan istilah indentation.

Perhatikan contoh kode program percabangan if dalam python dibawah ini:

A= 10
B = 11
#kondisi if
if A < B:
     print("variabel A kurang dari variabel B") 
Maka hasilnya adalah sebagai berikut

  Variael A kurang dari variabel B 

Pada awal kode diatas kita mengisi variabel A dengan angka 10 dan variabel B dengan angka 11. Kemudian pada baris berikutnya setelah komentar kita tambahkan kondisi if A < B, yang artinya apakah variabel A yang berisi angka 10 kurang dari variabel B yang berisi angka 11 ? jawabannya adalah benar dan jika benar maka perintah baris berikutnya akan dijalankan. Kenapa spasi diawal setelah kondisi if itu wajib ditulis ? karena spasi atau tab setelah kondisi if itu sebagai penanda adanya blok if. Jika tidak dikasih renggang 1 spasi atau tab maka akan terjadi error. 

Bagaimana jika pada kode diatas dalam kondisi if diganti yang awalnya if A < B diganti menjadi if A > B maka kondisi tersebut akan bernilai false dan dalam program akan kosong. Bagaimana agar nilai false itu tidak kosong ? maka kita bisa menambahkan satu baris berikutnya seperti dibawah ini:
A= 10
B = 11
#kondisi if
if A > B:
          print("Nilai True = variabel A kurang dari variabel B")
print("Kondisi di luar if")
Maka hasilnya sebagai berikut ini
  Konidisi di luar if
 Pada baris print("Kondisi di luar if ") sudah tidak ikut pada kondisi if (perhatikan perbedaan spasi diawal) artinya, apapun hasil if,perintah selanjutnya akan tetap dijalankan. Contoh program dengan beberapa kondisi if
A= 10
B = 11
#kondisi if
if A > B:
    print("variabel A kurang dari variabel B")
if A < B:
    print("variabel A lebih dari variabel B")
if A == B:
    print("variabel A sama dengan variabel B")


Silahkan anda ganti nilai pada variabel A atau B kemudian jalankan dan amati hasilnya. Struktur Percabangan if else. Pada saat kita mempunyai dua keputusan kondisi if inilah yang akan kita pakai. Penulisan kodenya seperti pada berikut ini :
if kondisi:
        block kondisi bernilai true
else:
        block kondisi bernilai false.
Misal ada inputan dengan varibael nilai = 80 kemudian terdapat kondisi dimana kondisi tersebut menerangkan jika variabel nilai lebih dari 70 (true) maka hasilnya lulus jika tidak (false) maka hasilnya tidak lulus Perhatikan kode berikut ini :
nilai = 80
if nilai > 70:
    print("Selamat anda lulus")
else:
    print("Maaf anda belum beruntung")
Jika di run maka hasilnya akan seperti dibawah ini:

  Selamat anda lulus 

Pada kondisi diatas menunjukan hasil kondisi (true) benar maka kode program dibawahnya akan langsung dieksekusi. 

Namun bagaimana jika kita mengganti isi dalam variabel nilai yang awalnya 80 menjadi 60 ? maka hasil kondisi if akan menunjukan false (salah) maka kode program dalam block else akan dieksekusi langsung. Bagaimana jika kita mempunyai banyak kondisi ? 

maka kita bisa menggunakan percabangan if/elif/else seperti pada struktur dibawah ini
if kondisi 1:
        block kondisi 1 bernilai true
elif kondisi 2 :
        block kondisi 2 bernilai true.
else:
        block kondisi bernilai false
Kata kunci elif artinya adalah else if yang digunakan untuk menambahkan sebuah kondisi atau fungsi jika kondisi atau fungsi yang pertama salah maka larinya ke elif dan jika elif masih salah maka larinya ke pilihan terakhir yaitu false Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan kode program berikut ini :
nilai = 80

if nilai >= 90:
 print("Selamat nilai anda mendapatkan pasing grade A")
elif nilai >= 80:
 print("Selamat nilai anda mendapatkan pasing grade B")
elif nilai >= 70:
 print("Selamat nilai anda mendapatkan pasing grade C")
else:
 print("Maaf nilai anda belum beruntung")
Pada contoh diatas variabel nilai berisi angka 80 maka hasilnya seperti dibawah ini

  Selamat nilai anda mendapatkan pasing grade B 

Pada kode diatas nilai dengan angka 80 jika di proses pada kondisi pertama (nilai >= 90) kondisi tersebut akan bernilai flase(salah) dan akan lanjut kedalam kondisi selanjutnya. Jika kondisi selanjuinya benar maka akan memproses block kode dari kondisi yang benar tersebut dan jika semua kondisi 1 sampai 3 bernilai salah maka kondisi block else: yang akan berjalan. 

Silahkan anda coba untuk megubah angka di dalam variabel nilai kemudian pahami.

Post a comment for "Tutorial Python Membuat Logika Percabangan Dengan Kondisi if / else"

Berlangganan via Email