Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Belajar Membuat Perulangan For Pada Python

Artikel yang akan kita bahas kali ini masih sekitar tentang perulangan atau looping merupakan intruksi kode program yang mempunyai tujuan untuk mengulang beberapa baris perintah. Pada artikel sebelumnya admin sudah membahas perulangan while pada bahasa python dan kali ini admin akan membahas perulangan for pada python. 


Perulangan for dalam bahasa pemrograman python berbeda dengan layaknya mayoritas bahasa pemrograman yang lainnya. Perulangan for lebih merujuk ke perulangan untuk memproses sebuah himpunan atau array. Bisa dikatakan perulangan for dalam bahasa python seperti dengan perulangan foreach pada PHP.

Perhatikan format dasar perulangan for pada bahasa python berikut ini :
var = [a1, b1, ...] 
for n in foo:
  # Area kode yang nantinya akan melalukan perulangan (yang akan di ulang)

Pada format diatas admin mendefinisikan variabe var (var = [a1, b1, ...] sebagai variabel himpunan atau array (data dapat berupa salah satu dari tipe data list, string, set, tuple atau dictionary). Nantinya for akan berjalan sebanyak jumlah elemen yang ada dalam variabel var selama perulangan variabel n akan berisi element yang sedang di proses. Biar lebih mudah dalam pemahaman perhatikan contoh berikut ini :

Contoh Perulangan For Pada Bahasa Python :

buah = ['Mangga','Jambu','Pepaya','Nanas','Pisang']
for n in buah:
  print(n)

Maka hasilnya seperti berikut ini :

Mangga
Jambu
Pepaya
Nanas
Pisang

Pada baris pertama admin membuat variabel buah (buah = ['Mangga','Jambu','Pepaya','Nanas','Pisang']) sebagai tipe data list. Dalam list tersebut terdiri dari 4 element. Dengan menggunakan perulangan for admin dapat menampilkan semua isi variabel buah (buah = ['Mangga','Jambu','Pepaya','Nanas','Pisang']) dan pada variabel n (for n in buah:)digunakan untuk menyimpan isi dari elemen yang saat ini di proses.

Penggunaan tipe data set pada perulangan for

Penggunanaan data set dalam bahasa python kurung yang kita gunakan adalah kurung kurawal (}) perhatikan contoh berikut ini :

buah = {'Mangga','Jambu','Pepaya','Nanas','Pisang','Jambu'}
for n in buah:
  print(n)

maka hasilnya akan seperti berikut ini

Mangga
Pepaya
Pisang
Nanas
Jambu

Coba perhatikan hasil dari kode diatas di dalam list admin menuliskan 6 element kenapa yang tampil hanya 5 element ? ini dikarenakan perilaku dari tipe data set Python, dimana jika data yang berulang (data yang sama) maka data tersebut tidak akan tersimpan. Dalam contoh diatas memasukan buah Jambu sebanyak dua kali.

Penggunaan tipe data set pada perulangan for

Dalam bahasa python tipe data string merupakan sebuah array. Contoh kode program perulangan for dengan tipe data string.

var = 'Belajar'
for n in var:
  print(n)

Maka hasilnya adalah sebagai berikut ini :

B
e
l
a
j
a
r

Penggunaan Fungsi Range()

Penggunaan fungsi range dapat digunakan untuk membuat deret angka yang menjadi inputan kedalam perulangan for.

Contoh Penggunaan Fungsi Range dalam Perulangan For

for n in range(4):
  print(n)
Maka hasilnya :
  0
1
2
3

Pada fungsi range(4) akan membuat 4 deret angka yang dimulai dari angka 0,1,2,3. Kenapa yang tampil hanya sampai angka 3 sedangkan dalam range tertulis angka. Perlu anda perhatikan dan garis bawahi karena angak di mulai dari 0 bukan angka 1.

Mengatur Jangkuan Dalam Fungsi Range

Dalam range kita juga bisa mengatur jangkuan sesuai dengan yang kita inginkan. Caranya dengan menambah anka kedua dalam fungsi range().

Contoh Kode Program Range Dengan Jangkauan dalam perulangan for python

for n in range(10,15):
print(n)
Maka hasil kodenya sebagai berikut :
  10
11
12
13
14

Selain penggunaan fungsi range dengan jangkuan kita juga bisa mengatur tingkat kenaikan atau increment dari range dengan cara menambah satu angka lagi pada saat pemanggilan fungsi range():

Contoh kode program fungsi range dengan tingaktan kenaikan atau increment di perulangan for python :
for n in range(2,10,2):
print(n)
Maka Hasilnya :
 2
4
6
Dalam contoh di atas perintah range(2,10,2) akan membuat deret angka 2 sampai 10 diamana setiap angka akan naik atau di tambah 2 angka. Bisa di lihat hasilnya angka deret lompat setiap kelipatan 2, mulai dari 2,4,6,8.

Kesimpulan 

Pada artikel kali ini kita sudah membahas dan mempelajarai tentang perulangan for dalam bahasa python. Perulangan for dalam bahasa python beda dengan perulangan di mayoritas bahasa pemrograman lain. Perulangan for hampir mirip dengan foreach dalam bahasa PHP.

Dalam mempratekan perulangan for sangatlah mudah. Perulangan for menggunakan beberapa element untuk dalam data list. Selain itu perulangan for juga dapat digunakan dalam perulangan untuk menampilkan deretan angka.  

Post a Comment for "Belajar Membuat Perulangan For Pada Python"