Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Fungsi Continue Pada Bahasa Python

Pada artikel sebelumnya admin sudah membahas tentang break pada python dan kali ini admin akan membahas tentang continue pada bahasa python. Tidak jauh beda continue hampir mirip dengan perintah break. Namun yang membedakan jika dalam break perulangan langsung terhenti sedangkan dalam continue perulangan hanya melewati satu kali proses iterasi saja.

Format dasar continue pada perulangan while :

start;
while kondisi1:
    increment
    if kondisi2:
      Continue
    # kode yang akan diulang

Misal sebagai contoh kita membuat perulangan 1 sampai 8, kemudian terdapat konidis if n = 4:, maka saat variabel counter n mencapai 4, maka nilai 4 akan hilang dan kode program yang ada di bawah perintah continue akan terlewati dan proses perulangan akan lanjut ke iterasi ke 5.

Agar lebih jelas perhatikan contoh berikut ini :

n = 0
while n < 8:
    n += 1
    if n == 4:
      continue
    print(n, ' + ',n,' = ',n+n)

Maka hasilnya :

1 + 1 = 2
2 + 2 = 4
3 + 3 = 6
5 + 5 = 10
6 + 6 = 12
7 + 7 = 14
8 + 8 = 16

Coba perhatikan pada kode program di atas pada baris ke 4 terdapat kondisi if n == 4: continue. Konidisi tersebut dapat terpenuhi saat variabel counter n berisi angka 4, maka perintah print pada baris 4 akan terlewati/dilompati dan perulangan lanjut ke iterasi selanjutnya yaitu iterasi 5. Dapat kita lihat pada hasil di atas 4 + 4 = 5 tidak ada dalam daftar.

Saat kita membuat perintah continue pada perulangan while, peletakan posisi increment sangatlah berpengaruh.

Perhatikan contoh program dibawah ini:

n = 0
while n < 8:
    if n == 4:
      continue
    print(n, ' + ',n,' = ',n+n)
    n += 1

Hasil kode :

0 + 0 = 0
1 + 1 = 2
2 + 2 = 4
3 + 3 = 6

Tampak terlihat hasilnya seperti di atas berhenti sampai angka 3+3 setelah itu tampak kosong tanpa adanya akhiran. Yang tampak kosong tersebut aslinya terjadi infinity loop karena perintah continue berada sebelum perintah print & increment n += 1. Semua itu terjadi karaena saat variabel n == 4 perulangan akan terus berputar Antara baris 2-4. Perintah increment n += 1 tidak dapat di eksekusi karena ditulis setelah perintah continue. Silahkan tekan tombol kombinasi CTRL+C dalam python Shell agar infinity loop dapat terhenti.

Contoh Perintah Continue Pada Perulangan For

Perhatikan contoh kode program berikut ini :

for n in range(1,9):
  if n == 4:
    continue
  print(n,' + ',n ,' = ',n+n)

Maka hasilnya :

1 + 1 = 2
2 + 2 = 4
3 + 3 = 6
5 + 5 = 10
6 + 6 = 12
7 + 7 = 14
8 + 8 = 16

Maka hasilnya akan seperti pada perulangan while penjelasannya pun sama. Selanjutnya mari kita rubah letak perintah continue. Perhatikan contoh kode program berikut ini :

for n in range(1,9):
  print(n,' + ',n ,' = ',n+n)
  if n == 4:
    continue

Maka hasilnya :

1 + 1 = 2
2 + 2 = 4
3 + 3 = 6
4 + 4 = 8
5 + 5 = 10
6 + 6 = 12
7 + 7 = 14
8 + 8 = 16

Coba perhatikan hasil kode program di atas bandingkan dengan yang sebelumnya. Ternyata pada hasil kode program yang bawah 4 + 4 = 8 muncul dalam daftar list. Pertanyaannya kenapa itu terjadi ? Karena perintah print berada sebelum perintah continue jadi perintah continue dijalankan saat n bernilai 4 dan kondisi tersebut terpenuhi, tapi perintah print sudah di eksekusi terlebih dahulu. Posisi peletakan sangatlah penting dalam melibatkan continue karena dapat berpengaruh pada hasil.

Kesimpulan

Pada artikel kali ini kita sudah membahas mengenai perintah continue pada bahasa python. Pada tutorial kali ini kita sudah belajar menerapkan perintah continue pada perulangan while dan for.

Ada beberapa kode program perintah continue diatas yang dapat kita pahami dan pratekan kemudian di otak atik sendiri.

Sekian tutorial perintah continue kali ini mohon maaf jika dalam penyampaiannya sulit di pahami jika ada yang kurang jelas bisa kita diskusikan dalam komentar dibawah ini.

Post a Comment for "Fungsi Continue Pada Bahasa Python"