Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Default Parameter Python

Default parameter di sebut juga dengan default argument merupakan istilah untuk parameter yang mempunyai nilai default atau nilai awal.

Misal kita ingin membuat sebuah fungsi perkalian() fungsi tersebut perlu 2 parameter berupa nilai yang akan dikalikan. Perhatikan contoh kode program berikut ini :

def perkalian(var1, var2):
  return var1 * var2
print(perkalian(4,3))
print(perkalian(2,9))

Maka hasilnya

12
18

Dengan menggunakan default parameter kita juga dapat memanggil fungsi perkalian() hanya dengan 1 inputan atau tidak dengan inputan sama sekali. Perhatikan contoh kode programnya berikut ini :

def perkalian(var1 = 4, var2 = 3):
  return var1 * var2
print(perkalian())
print(perkalian(2))
print(perkalian(4,7))

Dalam baris pertama admin memasukan parameter pertama yaitu var1=4 dan parameter yang kedua var2=3. Nilai dalam fungsi itulah yang di sebut dengan default parameter. Jika parameter var1 dan var2 waktu pemanggilan function maka angka 4 dan 3 yang akan menjadil nilai awal parameter.

Dengan menggunakan nilai default parameter ini kita dapat membuat fungsi dengan parameter pilihan (yang bersifat opsional). Parameter dapat diisi waktu pemanggilan fungsi, tapi juga boleh di kosongkan.

Dalam satu fungsi dapat memiliki banyak default parameter, namun tidak dibolehkan ada parameter yang tidak ada nilai default yang dibuat sesudah parameter dengan nilai default. Contoh kode program dibawah ini akan error karena parameter pertama mempunyai nilai sedangkan yang kedua tidak mempunyai nilai :

def perkalian(var1 = 4, var2):
  return var1 * var2
print(perkalian())
print(perkalian(2))
print(perkalian(4,7))

Jika kode diatas dijalankan maka akan terjadi error karena parameter pertama mempunyai nilai sedangkan parameter kedua atau selanjutnya tidak mempunyai nilai. Sebagai catatan jika pada parameter pertama mempunyai nilai maka untuk parameter selanjutnya wajib mempunyai nilai default jika tidak ada maka akan terjadi error.

Fungsi Pemangkatan

Bisakah kita membuat pemangkatan dalam python ? tentu saja pasti bisalah semua itu tergantung dari diri kita mau mencobanya atau tidak .. hehe ..

Berikut ini merupakan contoh kode program pemangkatan pada python dengan default parameter.

def pangkat(angka, pangkat = 3):
  hasil = 1
  for n in range(0,pangkat):
    hasil = hasil * angka
  return hasil;
print( pangkat(2) ) 
print( pangkat(3) )  
print( pangkat(3,4) ) 
print( pangkat(4,4) )

Maka hasilnya

8
27
81
256

Fungsi pangkat() mempunyai dua parameter yaitu angka dan pangkat. Pada parameter pangkat mempunyai nilai default 3, sehingga jika saat melakukan pemanggilan, pada parameter kedua tidak di isi, maka nilai 3 yang menjadi nilai default parameter kedua.

Pada kode program diatas dalam mencari pemangkatan kita menggunakan perulangan for. Perulangan dimulai dari nol hingga nilai yang tersimpan pada parameter pangkat. Dalam perulangan tersebut akan mengalikan nilai angka dan di simpan dalam variabel hasil. Kemudian yang terakhir return variabel hasil.

Kesimpulan

Pada tutorial kali ini kita sudah mempelajari tentang penggunaan default parameter. Fungsi default parameter dapat di manfaatkan untuk membuat fungsi yang fleksibel karena dengan cara pemanggilan fungsi dapat kita rancang sesuai dengan kebutuhan kita.

Mohon maaf jika dalam penyampaiannya ada yang kurang jelas jika ada yang tdak jelas bisa kita diskusikan dalam kolom komentar di bawah ini.

Post a Comment for "Pengertian Default Parameter Python"