Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Belajar Tentang Pengertian Parameter dan Argumen Fungsi (Function) Python

Artikel kali ini melanjutkan pembahasan tentang cara membuatfungsi (function) di dalam bahasa python. Apa itu pengertian dari Parameter dan Argumen fungsi dalam python ? Parameter merupakan sebuah sebutan nilai untuk inputan fungsi pada saat fungsi tersebut di definisikan, sedangan Argument adalah sebutan untuk nilai inputan fungsi pada saat fungsi tersebut di panggil. Biasanya saat membuat sebuah fungsi, fungsi tersebut dapat menerima sebuah nilai masukan atau inputan, Nilai itulah yang di sebut dengan parameter atau argument.

Fungsi dapat menerima 1, 2 atau lebih dari parameter atau argument atau bahkan tidak terdapat argument atau parameter sekali, semua itu sesuai dengan kebutuhan kita. Parameter atau argument sebenarnya mirip dan sering di pertukarkan. Perbedaan argument dan parameter fungsi python adalah hanya di posisi pembuatan saja.Untuk Parameter merujuk  pada inputan fungsi saat pendefinisian, sedangkan argumen merujuk pada nilai input fungsi saat pemanggilan.

Format parameter dan argument fungsi python :

Def nama_fungsi(parameter1, parameter2):
     #isi fungsi
     #ini fungsi
     Return nilai
nama_fungsi(argumen1, argumen2)

Kita lihat pada format di atas bahwa pada baris 1 atau pertama kita coba perhatikan isi dalam kurung setelah nama_fungsi disitulah (dalam kurung) kita dapat menuliskan sebuah parameter. Dalam contoh diatas ada dua parameter yaitu parameter1 dan parameter2. Selama isi fungsi parameter1 dan parameter2 bisa diakses sebagaimana variabel biasa. Saat memanggil fungsi, kita wajib mengisi kedua nilai argument seperti pada contoh diatas  nama_fungsi(argumen1, argumen2) nilai argumen tersebut nantinya yang akan mengisi nilai parameter.

Agar lebih paham coba perhatikan contoh kode program python fungsi yang menggunakan parameter di bawah ini :

def daerah_asal(kota):
    print("Kota Asal Saya",kota);
    
daerah_asal("Jepara")

Maka hasilnya akan seperti dibawah ini

Kota Asal Saya Jepara

Bisa kita lihat pada contoh kode yang ada Saat pendefinisian fungsi dari daerah_asal() mempunyai satu parameter yaitu kota daerah_asal(kota) didalam fungsi parameter dapat diakses seperti halnya kayak variabel. Pada contoh datas hanya terdapat satu parameter yaitu kota maka kita wajib mengisi argument seperti yang sudah saya contohkan diatas saya isi dengan string “Jepara” daerah_asal(“Jepara”) baris terakhir.

Kita juga dapat menambahkan banyak argument hanya dengan 1 parameter seperti pada contoh berikut ini

def daerah_asal(kota):
    print("Kota Asal Saya",kota);
    
daerah_asal("Jepara")
daerah_asal("Demak")
daerah_asal("Kudus")
daerah_asal("Pati")

Maka hasilnya seperti dibawah ini 


Sekarang kita buat parameter atau argumen yang lebih dari satu.

Kita dapat menginput satu atau lebih parameter dan argumen dalam python. Ingat saat pengisian parameter dan argumen jumlahnya haru sama. Misal jika parameter nya ada 2 maka argumennya juga wajib dikasih dua jika jumlahnya tidak sama maka program tersebut akan error.

Perhatikan contoh penerapan parameter atau argumen lebih dari satu nilai.
def hitung_perkalian(angka1, angka2):
    hasil = angka1 * angka2
    print("Hasil Perkalian dari dua angka",hasil);
    
hitung_perkalian(2, 4)
hitung_perkalian(3, 4)
hitung_perkalian(4, 4)

Hasil dari kode diatas adalah

Pada contoh diatas pada baris pertama terdapat dua parameter yaitu angka1 dan angka2. Dalam penamaan parameter boleh bebas asal seperti dengan penamaan variabel dan perlu di ingat tidak boleh menggunakan spasi saat membuat nama parameter. dan pada baris bawah kita telah membuat sebuah argumen yang jumlah argumennya sama dengan jumlah parameter. Tapi dengan pemanggilan fungsi sebanyak tiga kali dengan nilai argumen yang berbeda-beda.

Itulah sekilas sedikit tutorial mengenail parameter dan argumen dalam pemrograman python semoga dapat bermanfaat amin.


Post a Comment for "Belajar Tentang Pengertian Parameter dan Argumen Fungsi (Function) Python"