Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menganal Fungsi (Function) pada Python

Pada artikel kali admin akan membahas mengenai cara membuat function (fungsi) pada bahasa pemrograman python. Pada artikel sebelumnya admin juga membahas mengenai tentang percabangan logika if else pada python 

Sebelum mempratekan sebuah kode fungsi (function) dalam python baiknya kita mengenal dulu apa itu pengertian dari fungsi (function) pada python ? fungsi (function) adalah sebuah kode khusus yang dibangun guna untuk menyelesaikan tugas tertentu, dan ikut dalam bagian program utama. Fungsi dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu Built-In Function dan User Defined Function. Dari dua kelompok tersebut masing-masing mempunyai pengertian yang berbeda.

Pengertian dari Built-In Function merupakan sebutan sebuah fungsi yang sudah ada dalam bawaan  bahasa pemrograman. Sedangkan User Defined Function adalah fungsi yang kita (Programer) buat sendiri. Dalam bahasa pemrograman python terdapat banyak fungsi bawaan, termasuk yang dapat diakses dari library atau package pihak ketiga, Seperti contoh yang sering kita gunakan yaitu fungsi print(). Namun pada artikel kali ini kita akan fokus pada User Defined Function.

Cara Membuat Fungsi di Bahasa Pemrograman Python.

Untuk membuat sebuah fungsi dalam bahasa python harus diawali dengan def kemudian diikuti dengan nama fungsi tersebut. Dalam penulisan nama fungsi dilarang membuat nama fungsi dengan awalan angka dan tidak boleh menggunakan spasi. Dalam penulisan sebuah nama fungsi baiknya gunakan huruf kecil semua dan gunakan underscore untuk memisahkan sebuah kata. Aturan tersebut sering disebut dengan snake_case contoh form_pendaftarn(), tampil_data_pendaftar(). Sesudah penulisan nama fungsi wajib terdapat tanda kurung () Yang nantinya dalam tanda kurung tersebut dapat diisi dengan argumen atau parameter.

Dan pada baris pertama di akhiri dengan tanda titik dua : untuk memulai kode program function. Untuk isi dari function selalu berada blok kode yang di jorokkan dengan beberapa soasi kedalam atau indeen. Jika fungsi tersebut mengembalikan sebuah nilai maka tambahkan atau jalankan perintah return di baris akhir. Untuk menjalankan sebuah function dalam python kita wajib memanggil nama function tersebut dengan cara menulis nama fungsi tersebut.

Berikut merupakan penulisan kode function dalam python

def nama_function():
# masukan isi function ……
return nilai
nama_function()

Pada kode diatas kode function ada pada baris 1-3 dan fungsi tersebut di panggil satu kali pada baris ke 4.

Mari kita pratekan cara membuat fungsi dalam python perhatikan contoh berikut ini :

def sapa_indonesia():
	print('Hello Indonesia')
	
sapa_indonesia()

Pada kode diatas kita sudah membuat nama fungsi dengan nama sapa_indonesia() kemudian mempunyai satu perintah yang isinya print(‘Hello Indonesia’) kemudian nama fungsi tersebut di panggil dibawahnya maka jika di run hasilnya yang muncul adalah seperti berikut ini


Hello Indonesia


Contoh Program Function dengan memiliki banyak fungsi
def fungsi_satu():
    print('Ini adalah fungsi pertamaa....');

def fungsi_kedua():
    print('Ini adalah fungsi kedua......');

def fungsi_ketiga():
    print('Ini adalah fungsi ketiga.....');
	
fungsi_satu()
fungsi_kedua()
fungsi_ketiga()

Pada contoh diatas kita telah mendefinisikan atau membuat tiga fungsi dalam kode program yakni fungsi_satu(), fungsi_kedua() dan fungsi_ketiga() maka jika dirun hasilnya akan seperti dibawah ini:


Ini adalah fungsi pertamaa....
Ini adalah fungsi kedua......
Ini adalah fungsi ketiga.....


Cara Membuat Variabel di dalam Function Bahasa Pemrograman Python

Berikut contoh pembuatan variabel dalam fungsi :

def perkalian():
    angka1 = 5
    angka2 = 2
    kali = angka1*angka2
    print('Hasil Perkalian dari angka1 dan angka2 adalah ',kali)
	
perkalian()

Di dalam fungsi perkalian() terdapat dua variabel angka1 dengan isi 5 dan variabel angka2 dengan isi 2. Kemudian terdapat perintah print yang akan menampilkan hasil perhitungan. Maka hasil dari kode diatas adalah


Hasil Perkalian dari angka1 dan angka2 adalah 10


Sekian tutorial tentang pengenalan function (fungsi) python. Tadi kita sudah membahas bagaimana cara membuat function atau fungsi dalam python, membuat contoh function / fungsi, membuat variabel dalam function atau fungsi semoga dapat bermanfaat mohon maaf jika kalimatnya ada yang sulit dipahami ..

Baca Juga : Pengertian Parameter dan Argumen dalam Fungsi (function) Python

Post a Comment for "Menganal Fungsi (Function) pada Python"