Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Arbitary Arguments (*args) Pada Bahasa Python

Arbitary arguments merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut nilai jumlah argument yang berubah-ubah atau tidak bisa ditentukan. Sampai sekarang ini kita baru belajar membuat fungsi yang hanya dapat menerima nilai  argument dalam jumlah tetap (sesuai dengan yang ditulis saat pendefinisian fungsi).

Dengan kita menggunakan teknik arbitary arguments, kita dapat membuat fungsi agar bisa menerima 3, 4 bahkan hingga 1000 argument sekaligus. Cara membuat arbitary arguments sangatlah mudah, caranya dengan menambahkan bintang di awal parameter seperti contoh berikut ini :

def nama_kota(*kota):
  print(kota)
  print(type(kota))
nama_kota("Jepara","Pati","Kudus","Demak")

Dalam contoh tersebut, fungsi nama_kota() mempunyai satu parameter khusus bernama *kota . Dengan menambahkan satu bintang (*) di depan parameter , maka parameter *kota dapat menampung semua argumen yang ada saat pemanggilan fungsi tersebut kemudian di simpan dalam sebuah tuple.

Hasil dari program di atas adalah sebagai berikut ini :

('Jepara', 'Pati', 'Kudus', 'Demak')
<class 'tuple'>

Dikarenakan hasil akhir-nya berbentuk tuple, maka kita dapat menggunakan perulangan guna untuk mengakses pada setiap element tuple.

Sehingga jika di modifikasi contoh kode program diatas dapat berubah seperti berikut ini :

def nama_kota(*kota):
  for n in kota:
    print("Kota ",n)
  
nama_kota("Jepara","Pati","Kudus","Demak")

Maka hasilnya akan seperti berikut ini :

Kota Jepara
Kota Pati
Kota Kudus
Kota Demak

Pada kali ini kode program kita tambahkan perintah perulangan for di dalam fungsi nama_kota(). Perulangan for tersebut akan mengakses pada setiap element tuple kemudian ditampilkan dengan print. Dalam fungsi nama_kota() sekarang dapat menampung banyak argument hingga ratusan argument kemudian semua argument tersebut akan di proses.

Abitray Arguments sangat cocok di gunakan untuk fungsi dengan tipe data argumen seragaman, seperti yang melibatkan perhitungan matematika.

Perhatikan contoh berikut ini :

def jumlah(*angka):
  hasil = 0
  for n in angka:
    hasil += n
  return hasil
print( jumlah(4,7) )
print( jumlah(7,7,6,9) )
print( jumlah(15,72,300,200,80,21,111,300) )

Hasilnya :

11
29
1099

Dalam fungsi jumlah() admin menggunkan perulangan for untuk menambah semua element tuple angka, kemudian hasilnya dikembalikan dengan perintah return. Perintah hasil += n merupakan penulisan kode singkat dari hasil = hasil + n, dimana setiap ietrasi nilai n akan selalu ditambah kedalam variabel hasil.

Kesimpulan

Dalam artikel kali ini kita sudah membahas mengenai apa itu arbitary arguments, atau yang sering disebut dengan nama argumennya yaitu *args.

Selain kita sudah mempelajari tentang pengertian arbitary arguments kita juga telah mempratekan bagaimana cara membuat arbitrary arguments.  

Post a Comment for "Pengertian Arbitary Arguments (*args) Pada Bahasa Python"