Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Keyword Arguments / Named Parameter Python

Named Parameter sering disebut sebagai named arguments atau keyword arguments merupkan istilah dalam dunia programing untuk menyebut cara mengirimkan nilai dari argument ke dalam parameter function dengan menambahkan / menulis nama parameter, tidak hanya sekedar nilainya saja.

Dengan named parameter, saat kita mau menjalankan fungsi kita tidak perlu bergantung pada urutan parameter. Selama nama argument sama dengan nama parameter maka urutan argument bisa di tulis acak.

Format dasar penggunaan named parameter.

def fung(par1, par2, par3):
   ## isikan fungsi disini...
fung(par3 = 10, par1 = 20, par2 = 30)

Pada baris pertama admin membuat fungsi dengan nama fung() dengan tiga parameter yaitu par1, par2 dan par3 . Seperti biasanya (tanpa named argument) pada saat pemanggilan fungsi, urutan argument wajib sesuai dengan parameter urutan tersebut. Jika kita jalankan fungsi fung(1, 2, 3) maka angka 1 akan di terima par1 dan angka 2 angkan di terima oleh par2 dan angka 3 di terima par3. Namun jika kita memakai teknik named parameter fungsi fung() dapat dijalankan dengan urutan argument acak atau sembarang, tetapi kita wajib menulis nama parameter yang akan di isi.

Jika dijalankan fungsi fung(par=10, par1=20, par2=30), maka nilai 10 akan diterima parameter par3, nilai 20 diterima oleh parameter par1 dan nilai 30 diterima parameter par3.

Perhatikan Contoh kode program Named Parameter Python :


def pangkat(angka, pangkat = 2):
  hasil = 1
  for n in range(0,pangkat):
    hasil = hasil * angka
  return hasil;

print( pangkat(2) ) 
print( pangkat(2,4) ) 
print( pangkat(3,3) )

Pada baris pertama terdapat fungsi pangkat() yang mempunyai dua parameter yaitu angka dan pangkat pada parameter pertama (angka) digunakan untuk menampung nilai angka sedangkan pada parameter kedua (pangkat) untuk menampung nilai angka pangkat, jika dijalankan pangkat(2,4) artinya sama dengan 2⁴.

Dengan menggunakan teknik named parameter maka kita dapat menjalankan fungsi pangkat() sbb:

def pangkat(angka, pangkat = 2):
  hasil = 1
  for n in range(0,pangkat):
    hasil = hasil * angka
  return hasil;
print( pangkat(angka = 2,pangkat = 4) )
print( pangkat(pangkat = 3,angka = 5) )
Maka Hasilnya
  16
125

Dengan menggunakan teknik named parameter urutan argument tidak lagi berpengaruh pada saat pemanggilan fungsi selama kita menulis nama argument tersebut dengan benar.

Kesimpulan

Pada tutorial kali ini kita sudah membahas tentang named argument atau sering disebut juga dengan Named Parameter atau Keywords Argumen. Admin juga membahas apa itu pengertian Named Parameter / Keyword Arguments / Named Arguments.

Pada tutorial diatas juga sudah disertai dengan format dasar penggunaan dan juga contoh kode program Named Parameter / Keywords Arguments / Named Arguments.

Jika ada yang kurang jelas atau ada kalimat atau kode yang salah dalam penyampaiannya artikel di atas mari kita diskusikan di kolom komentar di bawah ini.

Post a Comment for "Pengertian Keyword Arguments / Named Parameter Python"