Belajar Dasar Bahasa Pemrograman PHP - Sinauo.Com

Belajar Dasar Bahasa Pemrograman PHP

Belajar Dasar Bahasa Pemrograman PHP
     
Kali ini admin akan menjelaskan tentang bahasa pemrograman PHP yang biasa di gunakan programer-programer indonesia untuk membuat sebuah aplikasi berbasis web. Sebelum kita bahas PHP lebih lanjut kalian harus belajar juga tentang HTML . Kalao kalian ingin menjadi seorang web developer dan programer web belajar PHP itu wajib. Sebenarnya bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi berbasis web banyak sekali salah satunya yang akan kita bahas yaitu PHP. Meskipun kalian membuat web hanya dengan CSS dan HTML saja sudah bisa namun website tersebut tidak bisa dinamis atau terhubung dengan database maka website yang kita buat kurang menarik dan kontennya tidak bisa di update . Nah solusinya dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP nanti kita bisa membuat sebuah website yang dinamis dan terhubung dengan database. Untuk lebih lengkapnya nanti saya bahas di tutorial – turorial selanjutnya.

Sebelum melaju ke langkah selanjutnya admin akan membahas tentang pengertian dari PHP. Apa sih itu PHP ? Pengertian dari PHP itu apa ? apakah PHP itu singkatan dari Pemberi Harapan Palsu ? yang kita bahas kali ini bukan yang pemberi harapan palsu tapi bahasa pemrograman berbasih web dengan PHP. PHP ( Hypertext Preprocessor ) merupakan bahasa pemrograman yang dapat di gunakan untuk membuat skrip yang lebih interaktif. Skrip ini kemudian akan di olah dalam web server yang hasilnya dapat dilihat dalam bentuk HTML.
Dalam bahasa pemrograman PHP ini menggunakan web server. Apa sih pengertian dari web server itu ? Web server adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi menerima permintaan yang di kirimkan melalui browser kemudian memberikan tanggapan permintaan dalam bentuk halaman web dalam bentuk dokumen HTML. Jadi sebenarnya semua yang berhubungan dengan website itu juga berhubungan dengan web server, karena tugas web server adalah mengatur semua komunikasi yang terjadi antara browser dengan server untuk memproses sebuah kode program. Contoh web server yang di gunakan untuk bahasa pemrograman PHP adalah Apache. Nah kali ini admin menggunakan web server Apache yang sudah tergabung dengan satu paket aplikasi XAMPP.

Jadi kalao kalian ingin belajar bahasa pemrogrman PHP harus menginstall web server yang support dengan PHP. Silahkan cari dulu aplikasi web server di internet yang menyediakan free.
Sebelum belajar PHP silahkan siapkan dulu aplikasi-aplikasinya diantaranya :
  1. Web Server Apache ( Xampp, Wamp, Appserv, Lamp dll )
  2. Web Browser ( Google Chrome, Mozilla, Opera, dll )
  3.  Text Editor ( Notepad, Notepad++, Sublime Text, Dreamweaver dll )
Nah di sini admin menggunakan aplikasi XAMPP yang di dalamnya sudah ada aplikasi web server dari apache, Google Chrome untuk web browsernya dan Sublime Text 3 untuk Text editornya .
Latihan Pertama Helllo Word . silahkan kalian buka text editor kalian kemudian ketikkan script seperti dibawah ini di text editor kalian.

<?php
 echo " Hello Word ini adalah halaman web pertamaku dengan bahasa pemrograman PHP ";
?>

Setelah mengetik script di atas silahkan save di dalam folder yang sudah kalian buat di web server kalian masing-masing ( waktu nge Save file scipt PHP kalian jangan lupa di kasih .php di akhirnya contoh latihan1.php ) . Di sini sebagai contoh admin menggunakan aplikasi XAMPP sehingga admin menyimpan file admin ada di Data C:/XAMPP/htdocs/latihan .
Nah sebenarnya untuk penyimpanan file script PHP di XAMPP itu di taruh di folder htdocs di dalam folder htdocs kalian bisa buat folder baru kemudian menyimpan file script PHP kalian di situ. Sebagai contoh di atas admin membuat folder latihan di dalam folder htdocs. Yang nantinya folder latihan tersebut saya gunakan untuk menyimpan script-script PHP saya . Setelah itu silahkan kalian buka web browser kalian kemudian ketik localhost/namafolder/ namafile kalian sebagai contoh dari admin localhost/latihan/latihan1.php sehingga hasilnya bisa di lihat seperti yang ada di bawah ini.

Bisa di lihat hasilnya seperti di atas berarti sudah berhasil. Dan saya akan menjelaskan sedikit maksud dari program di atas. Untuk penulisan bahasa pemrograman PHP itu pasti di awali dengan script <?php dan di akhiri atau di tutup dengan script ?> dan fungsi dari echo adalah untuk menampilkan isi yang akan kita tampilkan dalam web browser kita dan harus di apit dengan dua petik (“ ”) selain echo juga ada lagi yaitu print yang fungsinya sama dengan echo untuk menampilkan isi ke web browser. Dan dalam penulisan syntact scipt php jangan lupa di akhiri dengan titik koma ( ; ) jika tidak di kasih titik koma maka program akan error. Berikut saya berikan contoh yang menggunakan script php dengan print

<?php
 print " Hello Word ini adalah halaman web pertamaku dengan bahasa pemrograman PHP ";
?>      

Ketika kalian save dan di tampilkan di browser maka hasilnya sama seperti yang kalian buat sebelumnya seperti gambar di atas tadi.

Sebagai tambahan saya akan menjelaskan sedikit tentang print dan echo.
Print dan echo mempunyai fungsi yang sama yaitu digunakan untuk menampilkan teks ke layar sehingga membentuk script HTML. Dan fungsi print dapat digunakan tanpa tanda kurung. Sedangkan untuk perbedaannya adalah :
  • Fungsi print() selalu mengembalikan nilai satu saat dieksekusi, sedangkan echo() tidak mengembalikan apa-apa.
  • Fungsi print() hanya boleh diberikan satu parameter, sedangkan echo() boleh lebih dari satu parameter.

Tambahan saja sebenarnya untuk penulisan tag PHP ada tiga kombinasi di antaranya adalah :

<?php  ?>

<script language=”php”> </script>

<%     %>

Tapi dari tiga tag di atas yang paling populer digunakan adalah

<?php ?>

Pembahasan selanjutnya : Belajar Dasar Bahasa Pemrograman PHP Mengenal Variabel

2 comments